Tim SAR gabungan mengevakuasi Ny. Oncole (70), seorang wanita yang dilaporkan hilang saat bepergian sendirian ke kebunnya di kawasan hutan Dusun Masisi, Desa Hative Besar (Pulau Ambon) sejak Senin, (29/5) 2023 pukul 15:00 WIT.

"Korban akhirnya ditemukan dalam kondisi lemas setelah tim SAR gabungan hari ini menemukan di dalam hutan sekitar pukul 10:00 WIT," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Maluku Mustari di Ambon, Selasa.

Menurut dia, warga dusun awalnya melakukan pencarian korban dari sore hingga malam hari setelah pergi ke hutan sendirian namun tidak membuahkan hasil.

Kemudian pada Senin, (29/5) 2023 pukul 21:27 WIT, warga menginformasikan kejadian ini ke pusat komando Kantor SAR untuk membantu melakukan pencarian korban.

Mendapati informasi tersebut maka satu Tim Rescuer Kantor SAR Ambon diberangkatkan menuju lokasi kejadian pukul 21:40 WIT menuju lokasi kejadian untuk melakukan operasi SAR.

Upaya pencarian korban dipusatkan pada koordinat 3° 40.587' S - 128° 8.216' E, jarak kurang lebih 2 KM, Heading 57.36° arah Timur dari Kantor SAR Ambon.

"Dengan dibantu masyarakat sekitar, Tim SAR gabungan mulai melakukan pencarian hingga pukul 01.20 WIT dinihari namun belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban," jelas Mustari.

Pencarian akhirnya dihentikan sementara oleh tim SAR gabungan dikarenakan faktor cuaca dan semakin larut malam dan kembali dilanjutkan pada Selasa, (30/5) pukul 07:00 WIT.

Setelah tiga jam upaya pencarian, tim SAR gabungan akhirnya menemukan korban dalam kondisi lemas di sekitar hutan Dusun Masisi Desa Hative Besar dan selanjutnya dievakuasi menuju rumah keluarga guna diserahkan kepada pihak keluarga.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim SAR evakuasi seorang wanita dilaporkan hilang dalam hutan

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023