Panglima daerah militer (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjend TNI Ruruh A Setyawibawa mendampingi Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian saat kunjungan kerja (kunker) di wilayah perbatasan Maluku Barat Daya (MBD), Maluku.

Hal itu dilakukan untuk menyukseskan dan memastikan keamanan kunjungan kerja kedua Menteri berjalan dengan aman dan lancar dengan melaksanakan pemantauan situasi dan mengecek titik-titik yang di kunjungi.

"Pengamanan dilakukan agar agenda kunjungan kerja dalam rangka Gerakan pembangunan terpadu daerah perbatasan (Gerbangdutas) ini dapat berjalan lancar," ujar Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Ruruh A Setyawibawa melalui keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Kamis.

Agenda utama kedua menteri tersebut dalam kunjungan kerjanya yakni meluncurkan pencanangan Gerbangdutas 2023, di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1511, Kota Tiakur, Pulau Moa, Maluku Barat Daya (MBD).

Sebelumnya, Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian beserta rombongan, menyambangi pulau  Meatimiarang di Kecamatan Mdona Hiera, Kabupaten MBD, yang berbatasan dengan perairan Timor Leste dan Australia, untuk meninjau fasilitas sarana dan prasarana Satgas Pamputer, sekaligus berdialog dengan personil Satgas Pamputer, memberikan bantuan kepada Satgas Pamtas dan masyarakat yang ada di Pulau tersebut.
 
Pangdam XVI Pattimura bersama Kapolda Maluku mendampingi rombongan kementerian (Antara/HO-Pers pendam)


Selanjutnya, rombongan menuju Lapangan Kalwedo, guna melaksanakan peresmian atas beberapa hasil pekerjaan tahun 2022, yaitu preservasi jalan di Pulau Leti, perbaikan jalan Kliis-Nyama sepanjang 174 km, penggantian Jembatan Wear Nuwewang sepanjang 20 meter di Pulau Leti, pembangunan gedung SMAN 20 Pulau Masela, pembangunan gedung laboratorium kimia SMAN 9 Kecamatan Moa, dan pembangunan Rumah Sakit Umum Penok Tiakur.

Selain itu, kedua Menteri tersebut juga meninjau layanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), yang diselenggarakan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri, layanan Kesehatan Ibu dan Anak oleh Dinkes Provinsi Maluku, dan Dinkes Kabupaten MBD di Makodim 1511/P Moa.

Disana juga diberikan sejumlah layanan, dan bantuan kepada masyarakat, antara lain berupa, 850 paket sembako dari Bank BRI dan Bank BNI, yang akan didistribusikan ke 12 kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) kawasan perbatasan.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Mahfud MD dan Menteri Tito, juga mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Tiakur Pulau Moa, yang pengerjaan digarap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selain itu, empat block ruko di Pasar Tiakur juga diresmikan dalam kunjungan tersebut.

Pangdam XVI/Pattimura, yang saat itu, turut mendampingi kunjungan tersebut mengatakan, dengan diluncurkannya Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2023, merupakan langkah percepatan pembangunan wilayah perbatasan, khususnya MBD, dapat berjalan dengan baik, yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat pada perbatasan negara.

"Untuk itu, kami siap mengamankan sarana dan prasarana, yang sudah di bangun oleh pemerintah, untuk kemakmuran rakyat" tandasnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023