Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba memaparkan rencana pelaksanaan program  Eco Edu Festival Kepulauan  Widi bersama  Founder Widi Coastal Nazla Kasuba  kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno  di Jakarta.

Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dihubungi Rabu dari Ternate, memaparkan  Kepulauan Widi merupakan gugusan pulau yang indah di wilayah Maluku Utara yang  sudah sering digunakan sebagai tempat kegiatan promosi pariwisata berskala nasional dan internasional.

Pada pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Menparekraf, Gedung Kemenparekraf Jakarta tersebut disepakati  promosi Kepulauan Widi juga tidak hanya dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten melainkan salah satu investor dari Amerika juga sedang membangun kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan Widi sebagai kawasan wisata bertaraf internasional.

Sementara, Founder Widi Coastal Nazla Kasuba menjelaskan Widi Coastal membawa tiga misi yakni  konservasi alam, pendidikan dan pemberdayaan.

Kata Nazla, untuk misi konservasi alam, Widi Coastal melaksanakan strategi komprehensif untuk melindungi ekosistem laut yang rapuh dan hutan di Widi, dengan penekanan khusus pada penanggulangan penangkapan ikan ilegal dan restorasi terumbu karang yang rusak.

"Jadi, berbagai program dan Inisiatif kita akan lakukan untuk memulihkan terumbu karang yang rusak, melawan aktivitas penangkapan ikan ilegal, dan mempromosikan praktik penangkapan ikan berkelanjutan," kata Nazla.

Sementara, untuk pendidikan, Widi Coastal mengembangkan dan menyelenggarakan program edukasi yang berdampak, melibatkan masyarakat lokal dan wisatawan, untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya konservasi lingkungan dan praktik berkelanjutan.

"Kita juga mengembangkan program pendidikan interaktif untuk sekolah, pemerintah, masyarakat, dan wisatawan. Tujuannya adalah untuk membangun rasa tanggung jawab dan kepemilikan di antara semua pemangku kepentingan," kata Nazla.

Sehingga, isi pemberdayaan, widi coastal berkolaborasi dengan masyarakat lokal, menyediakan pelatihan dan peluang untuk mempromosikan mata pencaharian berkelanjutan melalui kegiatan pariwisata yang ramah lingkungan.

Dia berkeinginan Widi Coastal dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kemenparekraf dalam sejumlah program pengembangan pariwisata termasuk pengembangan Kepulauan Widi.

Ikut hadir dalam pertemuan tersebut, ketua tim penggerak PKK Maluku Utara  Faoniah Kasuba, Kepala dinas Pariwisata Tahmid Wahab, Kepala Badan Pengubung Jakarta, K.R.N.S Lestari dan Tim Widi Coastal Cris Syamsudin.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023