Ambon (Antara Maluku) - Wali kota Ambon Richard Louhenapessy mencanangkan gerakan Ambon Pandai Matematika (APM) bekerja sama dengan Surya Institute.

"Gerakan ini merupakan hasil kerja sama Pemkot Ambon dengan Surya Institute, sehingga lahirlah metode belajar matematika yang gampang, asyik dan menyenangkan bagi siswa dan guru SD hingga SMA" katanya, di Ambon, Senin.

Menurutnya, pencanangan gerakan APM merupakan bagian dari misi Pemerintah kota (Pemkot) Ambon yakni membangun negeri dan menata kota.

"APM merupakan gerakan membenahi pendidikan dasar dan menciptakan generasi masa depan yang pandai dan berprestasi di bidang matematika dan ilmu pengetahuan," ujar Louhenapessy.

Ia mengatakan, pelaksanaan gerakan ini dibagi dalam dua fase pada setiap semester. Fase pertama yakni para Master Trainer (MT) atau pelatih utama dari Surya Institute yanag akan melatih tenaga pembimbing  atau Training Of Trainer (TOT).

"Pelatih utama akan melatih tenaga pembimbing yakni 30 guru yang lolos seleksi program APM. Satu Master akan melatih 10 guru, setelah dilatih maka setiap guru akan bertanggung jawab mengajar 20 orang siswa," ujarnya.

Wali kota mengakui, program ini merupakan salah satu terobosan guna mempercepat ketertinggalan dan mempersiapkan SDM yang mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

"Kebijakan untuk mendorong percepatan ketertinggalan dilakukan melalui program Ambon pandai Matematika dan sains seperti yang dilakukan Surya Institute di provinsi provinsi Papua," ujarnya.

Ia berharap kerja sama dengan Surya Institute dapat mendorong peningkatan SDM dengan penguasaan matematika sebagai dasar mempelajari fisika maupun ilmu lainnya.

"Minimal setelah berakhir kepemimpinan periode pertama saya bersama Wakil Wali kota Sam Latuconsina tahun 2016, Ambon telah memiliki ratusan guru profesional di bidang matematika serta kualitas siswa tidak diragukan untuk mengukir prestasi nasional maupun internasional," katanya.

Yohanes Surya dari Surya Institute secara terpisah mengatakan program ini merupakan upaya untuk melatih siswa dan guru di kota Ambon menjadi juara matematika dan ilmu pengetahuan alam.

"Kami optimistis anak-anak Ambon akan sukses dan menjadi juara bila ada kemauan dan kerja keras," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012