Ambon (Antara Maluku) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon siap membuka pendaftaran program pendidikan strata dua (S2), khusus untuk Pendidikan Agama Islam.

"Pendaftaran program S2 untuk Pendidikan Agama Islam sudah bisa dilaksanakan tahun ini," kata Hasbollah Toisutta, Pembantu Rektor I IAIN Ambon, kepada ANTARA di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam sudah memberikan izin operasional program pascasarjana di IAIN Ambon, untuk tahun ajaran 2012 - 2013.

"Untuk tahun pertama kami hanya membuka program pasca sarjana bagi Pendidikan Agama Islam, ke depannya baru akan ditambah lagi" katanya.

Ia menjelaskan, IAIN Ambon baru membuka program pasca sarjana untuk satu fakultas saja, dikarenakan pihaknya sedang membenahi dan menambah infrastruktur, fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) di kampus tersebut.

Penambahan fasilitas yang diutamakan adalah ruang kuliah untuk 5.000an orang mahasiswa strata satu (S1) yang ada di tiga fakultas di IAIN Ambon, yakni fakultas Tarbiyah, Ushuludin, dan Syariah.

Fakultas Tarbiyah membawahi tiga jurusan, yakni Pendidikan Agama Islam, Biologi dan Matematika. Ushuludin terdiri dari jurusan Akidah Filsafat, Sosiologi Agama, Komisi Penyiaran Islam (KPI), dan Jurnalistik.

Sedangkan Fakultas Syariah terbagi atas empat jurusan, yakni Peradilan Agama, Muamalah, Perbandingan Hukum dan Mahzab, dan Jinayah Siasa (Hukum dan Politik Islam).

"Kami sedang membenahi infrastruktur kampus, misalnya ruang rektorat, gedung kuliah, asrama yang bisa menampung 400an orang mahasiswa," ucapnya.

Toisuta menambahkan, 10 doktor dan dua profesor di bidang hukum Islam dan pendidikan, membuat IAIN Ambon mantap untuk membuka program pendidikan S2. Dalam prosesnya nanti, IAIN Ambon akan bekerjasama dengan perguruan tinggi lainnya di Ambon.

"Nantinya akan ada kerjasama dengan Universitas Pattimura (Unpatti) dan yang lainnya untuk program S2 ini," ucapnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012