Kepolisian Daerah (Polda), Maluku Utara (Malut) menggelar  Operasi Patuh Kieraha  2023 untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan terwujudnya situasi  keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas  (kamseltibcarlantas ) di daerah itu.

"Operasi ini bersifat cipta kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif usai hari bhayangkara  2023 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib, patuh dan disiplin dalam berlalu lintas," kata Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko, melalui Irwasda Polda Malut Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh dengan sandi operasi patuh Kieraha 2023, Senin.

Dalam amanatnya Irwasda Polda Malut mengatakan operasi patuh 2023 digelar secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, terhitung mulai 10 hingga 23 Juli 2023. 

Adapun, tema operasi Patuh tahun ini adalah patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa.

Selain itu, ada empat sasaran yang menjadi target operasi yakni pertama yakni berkurangnya jumlah kecelakaan lalu lintas beserta korban fatalitas, berkurang angka pelanggaran lalu lintas, kemudian meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan yang keempat  terwujudnya situasi kamseltibcar lantas yang aman, nyaman dan kondusif.

Sementara itu, cara bertindak yang digunakan dalam pelaksanaan operasi ini bersifat preemtif, preventif dan represif serta untuk mencapai hasil operasi yang maksimal di butuhkan koordinasi dan peran serta seluruh instansi terkait.

Kombes Pol Marthin menekankan dengan dilaksanakan operasi pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik dan junjung tinggi etika kepolisian, sebab, keberhasilan pelaksanaan operasi ini akan berdampak positif pada terciptanya kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif dan terjaga di tahun politik dan juga menjelang perayaan hari kemerdekaan RI.

Kegiatan bertempat di lapangan Apel Polda Malut kegiatan tersebut dihadiri Pejabat Polda Malut, Korem 152 Baabullah, Jasa Raharja, Dishub Kota Ternate dan Personil Polda Malut.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023