Komandan Korem (Danrem) 151/Binaiya Maluku  Brigjen TNI Aminton Manurung menyatakan, pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang bekerja sama dengan pemerintah daerah merupakan  wujud TNI AD hadir di tengah rakyat.

"Inilah keberadaan kita untuk mendorong pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan, khususnya di desa-desa terpencil," kata Aminton usai memantau pembukaan acara TMMD ke-117  2023 di lapangan upacara kantor Camat Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku Rabu.

Ia mengatakan ada 7 Kodim di wilayah kerja Korem Binaiya  khusus untuk TMMD ke-117 tahun ini dilaksanakan pada dua desa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sementara TMMD sebelumnya dilaksanakan di Kota Tual.

Dalam pelaksanaannya, setiap prajurit dikerahkan untuk turun ke desa dan tinggal bersama warga untuk bergotong royong melaksanakan pekerjaan fisik maupun non fisik.

"Khusus di daerah Maluku yang terdiri atas pulau-pulau dan kita pahami bahwa daerah kita ini masih butuh dorongan. Disamping pekerjaan fisik, ada juga pekerjaan non fisik yang akan kita laksanakan," katanya.

Pekerjaan fisik yang akan dilaksanakan di dua desa yaitu pembangunan talud penahan gelombang dan abrasi pantai serta pembangunan jembatan penghubung antara dua desa.

Sementara untuk pekerjaan non fisik adalah  penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, narkoba, kerukunan antar umat beragama, penyuluhan kesehatan, penyuluhan tentang hukum, penyuluhan tentang cara beternak dan bercocok tanam, penyuluhan menjaga kelestarian hutan, penyuluhan tentang cara pemberian dan mendapatkan bansos serta , penyuluhan tentang stunting.

Kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD ke-117, Danrem berpesan agar menghormati masyarakat dengar tradisi adat istiadatnya, dan tekun bekerja selama jangka waktu sebulan.

Di kesempatan itu, Danrem menyerahkan paket bantuan sosial kepada warga di dua desa yaitu di desa Atubul Dol Kecamatan Wertamrian dan warga desa Ilngei kecamatan Tanimbar Selatan secara simbolis kepada perwakilan yang hadir.

Dia pun meninjau lokasi TMMD desa Ilngei bersama dengan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pewarta: Simon Lonlonlun

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023