Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Badan Penghubung Provinsi Maluku meminta mahasiswa Maluku di Jawa Barat untuk ikut berperan meningkatkan partisipasi Pemilu 2024 di kalangan milenial dan Gen Z.

"Peran serta itu dapat dikembangkan lebih luas dalam menjadi tertib sosial dalam mengawal pesta demokrasi di Jawa Barat," ujar Kepala Badan Penghubung Provinsi Maluku Saiful Indra Patta dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Minggu.

Hal itu diutarakan Patta dalam kegiatan dialog bersama antara pemuda dan mahasiswa Maluku di Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi Maluku yang dilaksanakan di Kota Bandung dengan tema "Peran Pemuda dan Mahasiswa Maluku di Jawa Barat dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024".

Menurut Patta, peran mahasiswa dan pemuda Maluku di Jawa Barat dalam mengawal jalannya pesta demokrasi juga bisa ditunjukkan dengan menjaga situasi kondusif dalam hubungannya dengan masyarakat Jawa Barat, serta menyalurkan hak pilihnya dengan baik.

Selain itu, Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Maluku, Edmond Sinay yang hadir dalam kegiatan tersebut pun menyampaikan beberapa aspek penting untuk meningkatkan partisipasi pemilu yaitu meningkatkan peran Kamtibmas Menjelang Pemilu dan sesudah Pemilu, meningkatkan Peran Pemuda Pemula dalam menggunakan Hak Pilihnya sebagai Pemilih Pemuda serta meningkatkan Peran Organisasi Kepemudaan untuk Mendukung Suksesnya Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.


 
Dialog Mahasiswa dan Pemuda Maluku di Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi Maluku (Antara/HO-Pemprovmaluku)


Untuk itu, pihaknya juga telah menyusun Strategi Peningkatan Partisipasi Pemilih melalui Penguatan Internal (Kelembagaan), Penguatan literasi melalui buku, kelompok data dan hasil, Penelitian, majalah, dan penjelasan teknis, melalui media sosial, Kursus Pemilu.

"Kemudian Sosialisasi berbasis kelompok Ormas Kepemudaan, dan Pendidikan Pemilih melalui komunitas," ucap Edmond.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Iip Hidajat, mengungkapkan ada beberapa hal penting dalam menyambut dukungan Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada Tahun 2024 yang diharapkan dapat menyinergikan tujuan antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Maluku bersama Himpunan Mahasiswa Maluku se-Jawa Barat.

Kedepannya, mahasiswa dan mahasiswi yang sedang belajar di luar daerah dapat menjalankan tujuan program daerah, dengan turut serta dalam meng-edukasi politik secara masif, aktif dan kondusif, Ikut serta dalam Pengawasan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024 bersama-sama.

Selanjutnya menyampaikan pesan informasi positif dalam bertoleransi serta keberagaman berlandaskan Pancasila dan berpartisipasi aktif dalam menggunakan Hak Pilih dalam Pemilu dan Pemilukada Tahun 2024.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023