Ambon (Antara Maluku) - Juru masak atau "Chef" Bara Pattiradjawane akan menjadi juri lomba cipta menu beragam, bergizi dan berimbang (3B) di Ambon.

"Chef Bara akan hadir dan menjadi juri lomba cipta menu 3B, yang diselenggarakan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kota Ambon pada 10 April 2012," kata Ketua Tim PKK Ambon, Debby Louhenapessy, di Ambon, Senin.

Menurut dia,, selain menjadi juri lomba masak, pemandu program "Gula-Gula" di salah satu TV swasta nasional itu juga akan melakukan demo resep masakan berbahan pangan lokal.

"Bara akan mendemo resep bahan pangan lokal dari tepung sagu, umbi-umbian serta  buah-buahan seperti Gandaria bagi para undangan serta pengunjung mal," katanya.

Debby mengatakan, lomba cipta menu 3B merupakan kegiatan nasional yang digelar Tim PKK pusat setiap tahun.

"Untuk mendapatkan tim yang akan berlomba di tingkat nasional, maka kami mempersiapkan tim untuk menghadapi lomba tingkat provinsi Maluku pada 30 April 2012," ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi dan berimbang, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Selain itu mendorong peran serta ibu-ibu dan meningkatkan kreativitas anggota keluarga yakni ayah, ibu dan anak," kata Debby.

Debby mengakui, pihaknya juga mengundang pemilik restoran, rumah makan, rumah kopi, serta hotel di Ambon turut mengambil bagian.

"Kehadiran pemilik usaha ini diharapkan dapat mempelajari menu baru dari chef Barra, guna menjadikan bahan pangan lokal menu baru di restauran atau rumah makan," ujarnya.

Ia menambahkan, peserta lomba lomba masak berasal dari warga di lima kecamatan di Kota Ambon.

Setiap kecamatan mengirimkan dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 orang.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012