Pengurus Persatuan catur seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Maluku mengemukakan bahwa pihaknya optimistis menjuarai dua kategori yang dipertandingkan pada Pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) wilayah timur yang digelar di Kota Ambon.

“Pada intinya kami tetap bersemangat untuk menjadi tuan rumah pada Pra PON wilayah timur ini. Kami juga mendukung penuh atlet Maluku yang akan berlaga pada dua nomor yang dipertandingkan pada Pra PON ini,” ujar Ketua umum Percasi Maluku Edwin Huwae, di Ambon, Rabu.

Huwae mengatakan hal itu dalam pembukaan Pra PON Percasi wilayah timur di Kota Ambon, Maluku menuju PON Aceh dan Sumatera Utara.

Huwae melanjutkan, sebagai tuan rumah, Percasi Maluku berambisi memenangkan kedua kategori yang diperlombakan yaitu kategori perorangan dan beregu.

“Tapi kalau saya lihat dari kontingen Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku utara, Papua, dan Papua Barat, sepertinya kami sebagai tuan rumah juga perlu bekerja keras untuk memenangkan dua kategori tersebut,” kata dia menjelaskan.

Dirinya pun menjamin perhelatan Pra PON Percasi wilayah timur Indonesia tersebut akan berjalan dengan adil dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

“Tentunya kami berharap dapat meloloskan atlet kami menuju PON di Aceh dan Sumatera utara agar dapat berjuang untuk mengharumkan nama Maluku di pesta olahraga terbesar tanah air,” katanya.

Sementara itu Gubernur Maluku Murad Ismail yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Sandy Wattimena mengatakan penyelenggaraan Pra PON catur yang digelar di Maluku dinilai sangat strategis untuk mengembangkan potensi atlet melalui olahraga tersebut.

“Pemerintah Provinsi Maluku terus mendorong dan akan menyediakan sumber daya manusia yang unggul di segala bidang termasuk olahraga untuk dapat bersaing di kancah nasional,” ujarnya.

Pra PON wilayah timur tersebut diikuti oleh sebanyak 30 atlet dari enam provinsi yaitu NTT,NTB, Maluku, Maluku utara, Papua, dan Papua barat. Dalam Pra PON tersebut dilombakan dua kategori yakni kategori perorangan dan beregu.

Kontingen Maluku sendiri mengikutsertakan enam atlet yang akan berjuang pada Pra PON tersebut untuk menjadi yang paling unggul di zona Indonesia timur agar nantinya langsung dapat lolos ke PON tanpa harus mengikuti babak play off.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023