Turnamen Bola Voli Kapolri Cup Tahun 2023 di zona 7 yang digelar di Kota Ambon, Maluku, turut membawa berkah bagi pedagang kecil dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

 

Pasalnya, dagangan yang mereka jual di sekitar gedung sport hall Karang Panjang, Kota Ambon, yang menjadi arena pertandingan itu laris manis.

 

"Iya, saya bersyukur, karena bakso yang saya jual laku bila dibandingkan dengan hari-hari lainnya," kata salah seorang pelaku UMKM, Mulyono, di Ambon, Minggu.

 

Mulyono mengaku berjualan bakso di sekitar arena tanding setelah diberitahukan oleh pengurus gedung sport hall. Menurutnya, Pendapatan yang diterima selama kegiatan mengalami peningkatan.

 

"Kalau tidak ada kegiatan di sini biasanya saya keliling. Pendapatan per hari biasanya juga paling Rp.700 ribu saja. Untuk di kegiatan seperti ini saya bahkan tambahkan stok baksonya," katanya.

 

Ia berharap pemerintah provinsi sering-sering melakukan aktivitas olahraga di gedung olahraga Karang Panjang, Ambon ini. 

 

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Polda Maluku karena sudah melaksanakan kegiatan di sini," ucapnya.

 

Senada dengan Mulyono, Dyah, pengelola UMKM Mie Sehat Cempaka, mengaku dagangannya laris manis bahkan lebih meningkat daripada hari biasanya. 

 

"Untuk penghasilan selama kegiatan ini berjalan lumayan ya, bila dibanding hari-hari biasanya yang kami jual di Gong Perdamaian Dunia, Fish Market dan lainnya," kata Dyah. 

 

Selain menyajikan mie basah yang siap disantap di arena perlombaan, UMKM-nya juga menyediakan mie kering. Ada juga stik, coconut cookies yang semuanya terbuat dari sagu.

 

"Kami juga sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ada juga mie yang terbuat dari sagu yang rasanya juga enak dan bergizi, biar masyarakat tahu," katanya.

 

Ia berharap kegiatan-kegiatan olahraga seperti ini sering dilaksanakan, dan terus mau menggandeng dan memberdayakan UMKM lokal.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023