Lantamal IX Ambon mengemukakan siap memfasilitasi pengembangan olahraga beladiri campuran (IBCA MMA) Maluku menuju kejuaraan nasional dan internasional.

"Kami menyambut baik keinginan Pengurus IBCA-MMA untuk membuka sasana resmi di Lantamal IX Ambon," ujar Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan hal itu semata-mata untuk mendorong pengembangan olahraga beladiri campuran serta mengikutsertakan atlet IBCA MMA dalam beragam kejuaraan.

"Kami juga mendukung program dari Pengurus IBCA-MMA untuk mengikutkan personel Lantamal IX Ambon guna mengikuti Kejuaraan Nasional dan Kejuaraan Internasional se-Asia pada bulan November 2023," tuturnya.

Danlantamal pun memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tujuh anggotanya yang telah sukses meraih prestasi pada Kejuaraan Provinsi Kejurprov III Se-Jawa Timur, pada Juli 2023.

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi IBCA MMA Maluku Yohanis Rumaratu mewakili organisasi mengucapkan terimakasih atas kesediaan Lantamal IX Ambon dalam membuka sasana resmi IBCA MMA Maluku di lingkup Lantamal IX Ambon

"Kami juga meminta kesediaan Danlantamal IX Ambon sebagai Pelindung dan Wadanlantamal IX sebagai pembina IBCA MMA Maluku," ujar Yohanis.

Tak hanya itu saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan atlet Lantamal IX Ambon dalam pemusatan latihan lanjutan guna mengikuti Kejuaraan nasional (Kejurnas) zona IV di Palu, Sulawesi tengah.

Pada zona IV tersebut akan diikuti oleh delapan provinsi yaitu Sulawesi utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua, Papua Barat dan Papua Selatan.

"Hasil dari Kejurnas tersebut akan melaju ke Kejuaraan IBCA-MMA Internasional, Se-Asia yang rencananya Indonesia akan menjadi tuan rumah dan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat," kata dia.

Ia berharap IBCA-MMA Maluku dapat menjadi olahraga andalan Lantamal IX Ambon, dan dapat menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi dan membawa harum Provinsi Maluku di tingkat nasional dan Internasional.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023