BPJS Ketenagakerjaan bersama Kejaksaan Tinggi Maluku melakukan monitoring penerapan Inpres nomor 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Provinsi Maluku.

Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Edyward Kaban mengatakan, monitoring yang dilakukan saat ini mendapat dukungan dari Bupati dan Wali Kota di Provinsi Maluku untuk percepatan implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Kerja sama tersebut merupakan salah satu bentuk kolaborasi dan sinergi yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kepatuhan kepada pemberi kerja atau badan usaha terhadap pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah perlu menyusun pengalokasian anggaran baik di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota dalam mendukung pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya untuk memberikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada seluruh Non-ASN seperti Tenaga Harian Lepas (THL), perangkat desa, RT/RW dan Pekerja Rentan di wilayah masing-masing.

"Inpres ini sifatnya perintah, maka harus dilaksanakan, di mana tugas tersebut telah dimulai dengan sosialisasi dilanjutkan monitoring dan evaluasi yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah di Maluku serta para Kajari," katanya.

Wakil Kepala Kantor Wilayah Sulawesi Maluku bidang kepesertaan, Alias Muin menyatakan, implementasi Inpres Nomor 2 tahun 2021, seluruh kepala daerah di Provinsi Maluku ikut mendorong peningkatan pesertaan di setiap wilayah untuk mengukur sejauh mana penerapan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan pemerintah kabupaten kota dan provinsi menyusun regulasi dan alokasi anggaran untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai non ASN, perangkat desa, RT dan RW dan pekerja rentan di setiap wilayah," katanya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi dan Kejaksaan Tinggi Maluku yang secara periodik melakukan. Monitoring Inpres Nomor 2 tahun 2021.

"Harapan kami para pekerja di Maluku dilindungi program Jamsostek dan tingkat coverage perlindungan di Maluku bertahap ditingkatkan," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023