Ambon (Antara Maluku) - Hujan yang menguyur Kota Ambon dengan intensitas ringan hingga sedang pada Kamis (7/6) subuh hingga pagi, tidak menghalangi mobil hias menuju lokasi start Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXIV di depan markas komando Brimob Polda Maluku di Tantui Atas, kecamatan Sirimau.

ANTARA yang melakukan pemantauan, melaporkan, mobil hias telah menuju lokasi start hingga kawasan Lampu Lima, Hatiwe Kecil, Kecamatan Sirimau sejak Kamis subuh, sekitar pukul 05.00 WIT.

Mobil hias yang antri itu menggambarkan ciri khas budaya 33 Provinsi, sembilan kabupaten dan kota se- Maluku, Keuskupan Amboina dan BUMD/BUMN sehingga menyemarakkan ruas Jalan. Jenderal Sudirman.

Warga masyarakat yang melintasi ruas Jalan Jenderal Sudirman disuguhi pemandangan menarik dari mobil hias dengan menampilkan aneka disain, warna dan dekorasi.

Ketua Pelaksana Harian  Panitia daerah MTQN, Rahman Soamena mengatakan, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Pusat, Abdul Jamil, dijadwalkan melepas peserta Pawai Taaruf  pada Kamis siang.

Pawai Taaruf akan ditandai pemukulan bedug dan dan pengibaran bendera start oleh Ketua LPTQ Pusat.

Pawai Taaruf diikuti seluruh kafilah dari 33 provinsi, dan masing-masing daerah menggunakan kendaraan yang telah dihias sesuai dengan karakteristik daerahnya, selanjutnya berkeliling melewati sejumlah ruas jalan di pusat kota Ambon, sekaligus bersosialisasi dengan warga di ibu kota provinsi Maluku itu.

Pawai Taaruf dijadwalkan dimulai pukul 13.00 WIT itu mengambil lokasi start di depan Markas Komando Brimob Polda Maluku dan finish di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Pada malam harinya, digelar malam Taaruf yang dipusatkan
digedung Islamic Centre, diikuti seluruh peserta, dewan hakim, panitia dan panitera.

"Menteri Agama Suryadharma Ali bersama istrinya Hj. Indah Suryadharma Ali juga akan menghadiri Malam Taaruf bersama Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu dan Ny. Sophie Ralahalu serta para gubernur - wakil gubernur dari sejumlah provinsi serta undangan yang telah hadir di Ambon," katanya.

Malam Taaruf juga diisi sejumlah acara diantaranya penyerahan Bendera MTQ dari Ketua Umum LPTQ Abdul Jamil serta penyerahan Piala Presiden untuk Juara Umum MTQ Nasional oleh Menteri Suryadharma Ali kepada Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan tiba di Ambon, Jumat (8/6) siang sekaligus meresmikan patung Pahlawan Nasional, Johanes Leimena di Desa Poka serta malam harinya membuka secara resmi MTQN XXIV tingkat nasional pukul 20.00 WIT.

Sedangkan penutupannya dijadwalkan oleh Wapres Boediono pada 15 Juni 2012.

MTQN XXIV tingkat Nasional memperlombakan enam cabang yakni Tilawatil Qur'an, Hifzil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khattil Qur'an dan menulis kandungan Al Qur'an.

Untuk cabang Tilawatil Qur'an dibagi enam golongan mata lomba, yakni Tartil Qur'an anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra dan golongan sabba.

Cabang Hifzil Qu'ran terdiri atas lima jenis lomba, masing-masing satu juz dan Tilawah, lima juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012