Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) menargetkan pada  2023 seluruh daerah di kabupaten itu mendapatkan kemudahan mengakses jaringan seluler melalui  program Halbar berdering.

"Kami telah upayakan untuk membangun menara 4G di kawasan terluar, sehingga memudahkan warga mendapatkan akses jaringan telekomunikasi," kata Kadis Kominfo Kabupaten Halbar, Sahmi Salim dihubungi di Ternate, Sabtu.

Dia menyampaikan sampai saat ini  pembangunan Base Transceiver Station (BTS)  belum ada kendala, sehingga dalam tahun ini kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan akses komunikasi bisa terpenuhi.

Selain itu, menara BTS akan dibangun  PT Telkomsel di  kawasan Kecamatan Sahu dan akan memberikan akses jaringan 4G di berbagai kawasan yang jauh dari ibu kota kabupaten.

Ia menyampaikan sebelumnya, Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) membangun 61 Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara dalam mendukung ketersediaan infrastruktur telekomunikasi.

"Kami telah perkuat konektivitas ini untuk mendukung kenyamanan pengalaman aktivitas digital dengan menyediakan 61 tower  BTS 4G untuk mendukung pengembangan komunikasi di Pulau Halmahera," kata Sahmi

Dia menyatakan, dari 61 menara yang dibangun di Kabupaten Halbar, saat ini telah difungsikan sebanyak 38 dan sisanya tengah dilakukan pengerjaan.

Selain itu, kata Sahmi, pembangunan BTS di Halbar ini merupakan implementasi dari program Pemkab Halbar agar seluruh warga dapat mengakses jaringan telekomunikasi secara mudah dan nyaman bagi masyarakat terutama di kawasan yang jauh dari ibu kota kabupaten.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023