Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon menyerahkan bantuan tempat sampah kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, sebagai upaya mewujudkan Ambon bersih.

Kepala KPP Pratama Ambon, Alloysius Kurniawan Susetyo Bayunanto mengatakan bantuan tempat sampah bermula dari ide sederhana para pegawai di lingkup KPP Pratama yang bersyukur tinggal dengan aman dan nyaman di kota Ambon.

"Bantuan ini merupakan wujud kepedulian para pegawai KPP Pratama akan kebersihan kota, katanya di Ambon, Jumat.

Dikatakannya, bantuan ini diharapkan menjadi awal dalam upaya meningkatkan hubungan, saling sinergi dan berkoordinasi, bukan saja antara Pemkot dan KPP Pratama Ambon, tetapi juga dengan satuan kerja Satker) lainnya di bawah Kementerian Keuangan.

Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse menyampaikan berterima kasih kepada KPP Pratama Ambon atas kepedulian yang diberikan bagi Pemkot.

"Bantuan yang diberikan merupakan bentuk dukungan dan kepedulian mewujudkan Ambon yang bersih," katanya.

Pemerintah, katanya, tidak dapat bekerja sendiri karena membangun kota ini, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak.

"Pemkot terus mendorong kesadaran masyarakat untuk dapat memperhatikan lingkungan serta menjaga kebersihan, dengan membuang sampah pada tempatnya," katanya.

Diakuinya, masalah sampah masih menjadi ancaman bagi lingkungan, karena itu Pemkot Ambon melalui kebijakan strategi daerah yang tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 43 Tahun 2018, telah menargetkan pengurangan sampah hingga 30 persen.

Kendala yang selama ini dihadapi dalam upaya penanganan sampah antara lain kekurangan armada pengangkut sampah dan rendahnya ketaatan warga menaruh sampah di tempat penampungan sementara pada waktu-waktu yang telah ditetapkan.

Pemkot juga terus melakukan sosialisasi terkait perubahan paradigma pengelolaan sampah dari kumpul, angkut buang menjadi pengurangan dari sumber dan daur ulang.

"Kami berharap melalui bantuan ini dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat Kota Ambon dalam menangani sampah," katanya.*

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023