Kantor Kesyahbandaran dan Ototitas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, mengajak masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan melalui kegiatan kerja bakti sosial berupa bersih pantai wisata di Kelurahan Kastela, Kecamatan Pulau Ternate

"Aksi bersih pantai wisata di Kelurahan Kastela merupakan edukasi dan mengajak kepada masyarakat di daerah ini untuk bersama - sama menjaga dan merawat lingkungan, agar terhindar dari cemar sampah,"kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Rushan Muhammad di Ternate, Minggu.

Kegiatan bakti sosial merupakan rangkaian dalam menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2023 yang jatuh pada 17 September.

Dia mengatakan, kegiatan bakti sosial yang dilakukan dengan membersihkan pantai wisata Kastela bertujuan untuk mengingatkan masyarakat, agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita berharap dengan aksi bersih sampah di tempat wisata ini sekaligus mengingatkan masyarakat yang tinggal di bantaran kali mati untuk berhenti membuang sampah ke kali, tetapi mari sama - sama membasmi dengan cara membuang sampah pada tempatnya,"ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa masalah sampah yang sering dibuang masyarakat ke bandaran kali dan ketika musim hujan sampah tersebut terbawa banjir hingga pantai bahkan hanyut ke laut, sehingga mengganggu aktivitas pelayaran kapal, khususnya kapal cepat speed boat yang mengalami mesin mati akibat dihantam sampah tersebut.

"Melalui bakti sosial ini dengan melibatkan semua unsur terkait, termasuk masyarakat dengan harapan Kota Ternate, mari sama - sama kita basmi sampah, agar daerah ini tetap bersih dan indah," kata Rushan.

Dia menambahkan, dalam rangka menyambut Harhubnas Tahun 2023 sejumlah kegiatan yang bakal dilaksanakan, setelah kampanye pelayaran dan pembersihan sampah di pantai wisata Kelurahan Kastela.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023