Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Maluku menjadi tuan rumah gelaran Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk wilayah Indonesia Timur.

"Pelaksanaan babak kualifikasi Bola Voli Indoor untuk wilayah Indonesia Timur yang diselenggarakan dari 15-20 September 2023 akan dibuka oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail," ujar Ketua harian PBVSI Maluku Raden Affandy Hasanusi di Ambon, Kamis.

Menurut Ketua harian PBVSI Maluku itu, pelaksanaan babak kualifikasi Pra PON tersebut saat ini hanya diikuti oleh tiga Provinsi, yaitu Papua, Papua Barat dan Maluku.

"Seharusnya yang mengikuti babak kualifikasi Pra PON XXI Indonesia Timur diikuti oleh lima Provinsi, namun karena beberapa alasan, dua provinsi tidak bisa mengikuti ,”ujar Hasanusi.

Ia menambahkan, dua provinsi yang tidak sempat hadir adalah Maluku Utara dan Provinsi Papua Selatan, yang mana untuk Maluku Utara sampai sekarang belum ada konfirmasi, sedangkan untuk Papua Selatan belum memiliki tim voli dikarenakan provinsi tersebut baru terbentuk.

Dijelaskan, Provinsi Papua mengirimkan 24 atlet untuk mengikuti kelas putra dan putri, Papua Barat mengirimkan 49 atlet untuk putra dan putri serta tuan rumah Maluku sebanyak 42 orang untuk putra dan putri.

Hasanusi mengatakan, pertandingan tersebut akan berlangsung selama empat hari mulai 15-20 September 2023 berlokasi di Sport Hall Karang Panjang Ambon.

Sementara itu ketua tim delegate, Reginald C Nelwan menjelaskan setelah pembukaan yang dilakukan oleh Gubernur Maluku, pada pukul 16.30 WIT dilanjutkan dengan pertandingan perdana yang akan mempertemukan antara tim putra dan putri tuan rumah Maluku berhadapan dengan tim Papua.

Ia menjelaskan, nantinya setiap hari akan dilakukan dua pertandingan yaitu untuk pertandingan Putra dan Putri dengan menggunakan sistim pull atau grup dengan perolehan poin terbanyak.

Selanjutnya menurut Nelwan, nantinya akan digelar babak grand final antara peringkat satu dan peringkat dua , baik putra maupun putri untuk memperebutkan satu tiket menuju PON Aceh-Sumut.

"Dari babak tersebut yang menang itu yang akan lolos menuju PON XXI, bagi peringkat dua merupakan tim lapisan jikalau ke depan peringkat satunya mungkin berhalangan hadir, jadi aturan KONI sekarang itu boleh,” tuturnya.

Seluruh pertandingan Pra PON tersebut dapat disaksikan secara langsung oleh masyarakat Maluku yang ingin menontonnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023