Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) untuk saling menjaga, bahu membahu menciptakan kehidupan yang rukun, damai dan saling menghormati sesama manusia.

Ajakan tersebut disampaikan Kapolda dalam sambutannya saat menghadiri acara malam persatuan yang digelar di halaman depan Polres SBB di Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Minggu (17/9) malam.

"Kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang multikultural, hal ini dapat kita lihat dari beragam suku, agama, dan budaya. Dengan hadirnya berbagai keragaman tersebut sudah sepatutnya kita saling menjaga, bahu membahu menciptakan kehidupan yang rukun, damai dan saling menghormati sesama manusia," kata Kapolda.

Baca juga: Kapolda pastikan kondisi Maluku aman dan kondusif jelang Pemilu 2024

Kapolda mengakui sangat menyayangkan melihat adanya berbagai kejadian yang mengandung nilai intoleransi, berbau sara dan saling memojokkan. Padahal, bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menjunjung tinggi nilai toleransi.

"Saya mengajak semua untuk menanamkan pada diri kita masing-masing tentang sifat sang tokoh di zaman kerajaan Majapahit yaitu Mahapatih Gajah Mada. Dengan kecintaannya kepada negara dan dengan kerasnya mempersatukan Nusantara yang saat ini monumennya baru dibangun tepat di Mako Polres SBB," pintanya.

Kegiatan yang digelar ini, tambah Kapolda, merupakan ajang silaturahmi antara seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Seram Bagian Barat.

Baca juga: Kapolda Maluku dukung upaya merawat budaya leluhur

“Apalagi, tidak lama lagi kita akan menghadapi Pemilu 2024. Mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas, yang kondusif, agar SBB dan secara umum Maluku, bisa aman, damai dan sejahtera," ucapnya.

Sejumlah tarian budaya lintas suku di Indonesia turut memeriahkan pelaksanaan malam persatuan tersebut.

Di antaranya, tari kecak dari Hindu, tari kolaborasi adat Buton, Maluku dan Jawa, nyanyian deen assalam, dance toleransi dari pemuda Katolik, paduan suara meddle Sulut, Batak, Maluku dan Papua dari personel Polres SBB, serta kolaborasi rebana Masjid, terompet gereja dan grup musik.

Kegiatan ini turut dihadiri pula sejumlah pejabat utama Polda, Forkopimda SBB, tokoh agama, tokoh adat, serta masyarakat dan personel Polres SBB.


Baca juga: Polda Maluku gelar operasi Zebra Salawaku tindak pelanggar lalu lintas

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023