Bupati Maluku Tenggara meresmikan Masjid Al-Umrawi dan Al-Kaf yang telah rampung dibangun sebagai  bentuk pembangunan sarana dan prasarana  ibadah bagi seluruh pemeluk agama di bumi  Larvul Ngabal. 


Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin menjelang akhir masa jabatannya telah meresmikan sejumlah bangunan peribadatan baik masjid dan gereja di Kabupaten Maluku Tenggara. 

Pada Selasa (19/9) Bupati Malra Muhamad Thaher Hanubun meresmikan Masjid Al-Umrawi di Desa/Ohoi Depur Wakatranm, Elat,  Kecamatan Kei Besar. 

Acara peresmian dihadiri, Wakil Wali Kota Tual, Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Maluku, Malra dan kota Tual, para tokoh agama adat, serta warga  muslim dan nonmuslim ikut merayakan momen peresmian masjid  kebanggan umat muslim di  Ohoi Depur.

Acara peresmian masjid Al-Umrawi Wakatran ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan beduk, dilanjutkan dengan pengguntingan pita, dan pembukaan  pintu masjid oleh Bupati  M Thaher Hanubun.

Selanjutnya pada  Rabu, (20/9) Bupati Thaher Hanubun  meresmikan Masjid Al-Kaff di Desa Wain, Kecamatan Kei Kecil Timur,  Kabupaten Maluku Tenggara. 

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Maluku Tenggara, sedangkan pengguntingan pita dan pembukaan pintu masjid oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan.

Suasana peresmian kedua masjid itu pun nampak sedikit berbeda karena  menghadirkan Kiai haji Ghula Muddin  selaku Pimpinan pondok pesantren Sirojul Qur'an serta Qori dan Qoriah internasional.

Acara peresmian masjid di Kei Besar dan Kei Kecil dikemas dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,  dengan ceramah, shalawat dzikir dan lantunan ayat suci Al Quran oleh para qori dan qoriah.

Bupati Thaher Hanubun mengapresiasi kerja keras panitia dan semua pihak yang telah bekerja keras menyelesaikan pembangunan Masjid Al-Umrawi dan juga Masjid Alkaff.

“Dalam membangun tentu butuh pengorbanan pikiran tenaga juga biaya yang besar. Tapi kita harus yakin bahwa pengorbanan kita semoga sebanding dengan nilai pahala yang dijanjikan Allah SWT," kata dia.  


Bupati  bersyukur karena baru meresmikan masjid Al-Umrawi di Kei Besar, dan beberapa waktu lalu  juga resmikan Gereja Katolik Wain, rumah budaya Nen Dit Sakmas di Wain dan  meresmikan Masjid Al-Kaff  juga di Ohoi Wain.(DS).

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023