Ambon (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura mengerahkan ratusan personilnya untuk membersihkan material lumpur yang mengenai sejumlah kawasan di Kota Ambon akibat hujan deras sejak 30 Juli - 1 Agustus 2012.

Danrem 151/Binaya, Kolonel Inf. Asep Kurniadi, di Ambon, Minggu, melepas ratusan personil TNI-AD yang juga melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pemkot Ambon.

Kawasan yang jadi sasaran pembersihan adalah Batu Merah, Skip, Aster, Galala, Hatiwe Kecil, Tanah Tinggi, Kadewatan dan Poka.

"Personil Kodam XVI juga menjadi korban luapan lumpur maupun longsor, namun tanggung jawab membantu masyarakat menjadi prioritas prajurit TNI sehingga Pangdam Mayjen TNI Suharsono memandang perlu mengerahkan pasukan," ujarnya.

Asrama TNI - AD di Batu Merah dan Skip juga menjadi sasaran banjir karena lokasinya berada di bantaran sungai setempat. Bahkan, 13 personil TNI -AD yang menempati asrama di markas Perbekalan Kodam (Paldam) XVI/Pattimura juga mengalami kebakaran pada Rabu (1/8) siang.

Danrem memotivasi personil TNI-AD maupun Sat Pol PP Pemkot Ambon bahwa pembersihan material lumpur di permukiman masyarakat merupakan cerminan prajurit yang siap membantu sesama anak bangsa Indonesia.

"Terima kasih untuk pengabdiannya dan camkanlah ini merupakan bagian dari tanggung jawab sebagai prajurit TNI," katanya.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012