Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura menggandeng Yayasan Bina Tani Sejahtera di Provinsi Maluku dalam upaya mendorong budi daya dan konsumsi sayuran di daerah itu.

"Kerja sama  ini dalam rangka  menggenjot budidaya dan konsumsi sayuran pada masyarakat dan ditujukan untuk melakukan transfer pengetahuan, khususnya terkait praktik budi daya sayuran yang baik," ujar Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Senin.

Pangdam mengatakan hal ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan tingkat konsumsi pangan bergizi dengan mengonsumsi sayuran organik.

Kerja sama melibatkan  mahasiswa khususnya dari bidang ilmu pertanian dan juga para petani di Maluku.

," kata
Sementara itu Manajer Yayasan Bina Tani Sejahtera Edwin menyampaikan pihaknya siap  meningkatkan produksi tanaman sekaligus juga memberikan percontohan kepada mahasiswa dan para petani.

"Melalui keerja sama Ini diharapkan menjadi salah satu peluang untuk wilayah Indonesia Timur khususnya di Kota Ambon, dalam peningkatan produksi dan konsumsi sayuran," katanya.

Pada kesempatan yang sama Perwira menengah (Pamen) Ahli Bidang  Manajemen Sistem Pertahanan Negara Kolonel Czi Ahmad Yusa menyampaikan  terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Bina Tani Sejahtera.

"Ini juga menjadi sebuah pembelajaran buat para mahasiswa dan para petani. Dengan adanya kerja sama Kodam XVI/Pattimura dan juga  Universitas Pattimura," katanya.

Ia menambahkan kegiatan itu juga untuk membuat demplot pertanian, yang merupakan salah satu program dari TNI AD yaitu ketahanan pangan.

“Harapannya, semoga apa yang  dilakukan ini dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi mahasiswa dan para petani untuk  mengembangkan  lahan yang tadinya tidak produktif menjadi produktif dan juga membudidayakan  tanaman," ujarnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023