Komando distrik militer (Kodim) 1504/Ambon, Maluku  melakukan pendampingan kepada petani sayur di Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon guna meningkatkan ketahanan pangan bagi warga setempat.

"Kegiatan ini juga sekaligus untuk menyukseskan program ketahanan pangan yang sedang gencar dilakukan  Pemerintah Provinsi Maluku maupun Pemerintah Kota Ambon," ujar Dandim 1504/Ambon Letkol Tengku Sony Sonatha dalam keterangan yang diterima di Ambon, Minggu.

Dandim menjelaskan pendampingan  menyasar para petani sayuran seperti kangkung, kol, terong dan lain agar petani dapat lebih efektif dan efisien dalam mengelola lahan.

"Contohnya yaitu lahan milik salah satu warga Dusun Waringin yang saat ini tengah digarap bersama antara pemilik dan anggota kami," katanya.

Dalam pendampingan tersebut anggota Kodim Ambon, melakukan aktivitas pembersihan lahan, pembibitan, sekaligus pemilihan tanaman sayuran  seperti  kangkung,  sawi, juga cabai.

"Kegiatan ini juga membantu kesejahteraan masyarakat, demi kemajuan kelompok tani masyarakat. Untuk itu perlu kita dukung secara berkelanjutan bersama seluruh elemen dan dinas terkait," ucapnya.

Sementara itu Babinsa Koramil 1504-01/Baguala Sertu Azis Wabula mengatakan lahan yang menjadi sasaran kegiatan tersebut sudah masuk dalam daftar kelompok tani masyarakat oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon. 

"Kebun sayur milik La Dula yang berlokasi di RT 20 RW 010, Dusun Waringin Cap, Negeri Rumah Tiga, Teluk Ambon," ujar Babinsa.

Ia mengatakan, dari pendampingan yang dilakukan  hasil panen yang diperoleh akan dikelola hingga siap di jual ke pasar tradisional yang ada di Kota Ambon.

"Penjualannya pun tentu dengan harga yang terjangkau murah dengan sayur yang berkualitas, namun tetap menguntungkan bagi para petani," kata dia menjelaskan.

Pasalnya masyarakat setempat menggantungkan hidupnya pada lahan perkebunan sayur yang dimiliki.

Dengan pendampingan itu diharapkan warga dapat memanfaatkan lahan miliknya dengan baik untuk meningkatkan ketahanan pangan di daerah setempat.

Saat ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik luas wilayah perkebunan warga di Kecamatan Teluk Ambon, sendiri mencapai 228 hektare.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023