Ambon (Antara Maluku) - Berbagai jenis perlombaan mewarnai peringatan HUT ke-67 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Ambon, Jumat.

Pantauan ANTARA, sebagian besar sekolah di Ibukota Maluku ini menggelar berbagai jenis mata lomba usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan.

Beberapa SMA di Kota Ambon, di antaranya SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2, SMA Kartika Chandra menggelar lomba cerdas-cermat, lompat karung dan pidato.

Sedangkan di sejumlah sekolah dasar maupun yayasan pendidikan anak usia dini (Paud) digelar lomba gigit sendok, makan kerupuk serta menggambar dan mewarnai.

"Berbagai lomba yang digelar bagi anak-anak dengan hadiah seadanya ini, guna memacu semangat dan kreatifitas siswa, sehingga lebih giat belar," kata beberapa orang guru SD Xaverius Ambon.

Selain berbagi lomba siswa kebanyakan siswa yang hadir mengikuti upacara juga membawa bunga dan bendera Merah-Putih berukuran kecil untuk dibagikan kepada para guru, di samping siswa SD dan Paud membawa makanan untuk dimakan secara bersama-sama.

Upacara peringatan Proklamasi serta berbagai perlombaan yang dilakukan itu, sekaligus menandai liburan sekolah jelang perayaan Idul Fitri 1433 Hijriah, dan proses belajar mengajar baru akan berjalan pada 277 Agustus mendatang.

Sedangkan peringatan detik - detik Proklamasi yang dipusatkan di lapangan Merdeka Ambon berlangsung tepat pukul 10.00 WIT, dengan inspektur upacara Gubernur Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu.

Gubernur Ralahalu juga mengajak seluruh peserta upacara serta ribuan warga yang hadir untuk menyaksikan jalannya upacara untuk mengheningkan cipta guna mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara.

Sedangkan Ketua DPRD Maluku, Fatany Sohilauw membacakan teks Proklamasi, dan Kakanwil kementerian Agama Maluku, Muhammad Atamimi membacakan doa.

Usai upacara Gubernur Ralahalu bersama para pejabat serta pimpinan TNI - Polri melakukan silaturahmi dengan para warakawuri dan memberikan remisi di Lapas kelas II Ambon.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012