Personel Satgas TMMD Ke-118 Kodim 1501/Ternate, Maluku Utara (Malut) tberupaya menjaga kebersihan dan estetika lingkungan dengan mengerjakan pembangunan jalan setapak di Pulau Pulau Batang Dua, Kota Ternate masuk kawasan Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Komandan Satgas TMMD Ke-118 Kodim 1501/Ternate Letda Inf Hamdi Umasugi dihubungi, Senin mengatakan dengan adanya kegiatan pembersihan kawasan 3T Pulau Batang Dua diharapkan masyarakat juga dapat turut serta menjaga kebersihan jalan setapak tersebut.

Ia mengatakan, lingkungan yang bersih dan terawat akan menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi seluruh pengguna jalan, Sehingga dalam upaya ini, personel Satgas TMMD turun tangan membersihkan kiri dan kanan area jalan setapak yang sudah selesai dibangun.

Pembersihan kiri dan kanan jalan setapak ini merupakan kegiatan lanjutan dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di daerah terpencil.

Baca juga: Personel TMMD bantu kembangkan usaha arang tempurung kelapa

Program TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur, katanya.

Personel Satgas TMMD Ke-118, ujarnya membersihkan area sekitar jalan setapak dari sampah, dedaunan, dan bebatuan yang masih berserakan.

"Kami tidak hanya fokus pada pembangunan, tetapi juga penting untuk menjaga kebersihan dan estetika lingkungan di sekitar infrastruktur yang telah dibangun. Dengan menjaga kebersihan, kami ingin memberikan rasa nyaman dan kebanggaan kepada masyarakat setempat," ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat setempat mengatakan sangat merasakan manfaat dari upaya personel Satgas TMMD dalam menjaga kebersihan jalan setapak.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman mengapresiasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di daerah terpencil dan pembangunan berbagai infrastruktur di kawasan terluar seperti Pulau Batang Dua dalam membangun berbagai infrastruktur di daerah ini.


Baca juga: TMMD bangun jalan di kawasan terluar Pulau Batang Dua

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023