Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon melakukan sosialisasi rekrutmen calon prajurit TNI AL ke wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Provinsi Maluku.

"Untuk menjadi prajurit TNI, khususnya TNI AL, harus memiliki mental juang yang tangguh dan militan didasari rasa nasionalisme terhadap NKRI serta ditunjang dengan kondisi kesehatan dan fisik yang prima," kata Komandan Lantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina di Ambon, Rabu.

Sosialisasi tersebut dilakukan di Pulau Romang, Moa, Lirang, Biloro, dan Ambalau, yang merupakan pulau-pulau terdepan, terluar, dan tertinggal di Provinsi Maluku.

Danlantamal mengatakan hal itu guna mewujudkan sosok prajurit TNI AL yang ideal, unggul, dan profesional yang meliputi segenap putra-putri bangsa sebagaimana perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.

"Kegiatan sosialisasi rekrutmen calon prajurit TNI AL kali ini menyasar berbagai kalangan masyarakat, khususnya para generasi muda, baik yang berada di pesisir maupun pedalaman. Utamanya para siswa jenjang SMP-SMA se-derajat," ucapnya.

Baca juga: Lantamal IX Ambon manfaatkan lahan kosong jadi taman agrowisata

Tujuan sosialisasi untuk menjaring animo masyarakat dan mencari putra putri terbaik untuk bergabung bersama di TNI AL.

Ia menjelaskan tata cara pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman http://al.rekrutmen-tni.mil.id/ dengan mengisi formulir pendaftaran.

Kemudian daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yang ditentukan dengan mengenakan kemeja putih dan celana kain hitam.

Pada saat mendaftar secara fisik, peserta menunjukkan cetakan formulir pendaftaran dan dokumen asli sekaligus fotokopi yang sudah dilegalisasi masing-masing dua lembar.

"Mendaftar menjadi calon prajurit TNI Angkatan Laut tidak dipungut biaya sepeserpun," tambah Danlantamal Said.

Pada kesempatan itu, sekaligus juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial kesehatan berupa pengobatan gratis oleh tim kesehatan Lantamal IX Ambon.

Baca juga: Lantamal Ambon siap fasilitasi pengembangan beladiri campuran menuju ajang internasional

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023