Korem 152/Baabullah Ternate, Maluku Utara menyiapkan personel  menghadapi bencana sebagai antisipasi karena  wilayah tersebut rawan bencana yang berpotensi mengancam keselamatan warga melalui gladi lapangan. 

"Untuk mengantisipasi bencana, kami menggelar gladi Lapang Latihan Penanggulangan Bencana ini dengan skenario terjadi erupsi Gunung Gamalama," kata Danrem 152/Baabullah Ternate Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga di Ternate, Minggu.

Dia mengatakan, guna mengeliminasi  dan mengantisipasi lonjakan korban, personel TNI, Polri, Pemda, Basarnas yang tergabung dalam Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) melakukan berkolaborasi melakukan latihan penanggulangan bencana.

"Ini bertujuan  melatih kesiapsiagaan satuan dan unsur  terkait dalam rangka membantu penanganan bencana alam di wilayah, sehingga dilakukan sejumlah simulasi, yang menggambarkan kondisi jika terjadi bencana alam gunung meletus," kata dia.

Ia menyampaikan latihan gladi Lapangan yang dilaksanakan selama lima hari  sebagai  media uji coba prosedur tetap Korem 152/Baabullah bersama unsur terkait, TNI, Polri, Pemda, Basarnas  dan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam di wilayah.


Sehingga, dengan dilatihnya kegiatan ini, diharapkan segenap satuan dan unsur yang tergabung dalam Latihan dapat  bekerja sama serta bersinergi dalam menanggulangi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Sehingga kita   akan selalu siap setiap saat untuk melaksanakan operasi jika terjadi bencana di wilayah," ujarnya

Dia menyebut, setelah pelaksanaan gelar pasukan, seluruh peserta  melaksanakan simulasi latihan di tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Kulaba, Kelurahan Tarau dan kelurahan Tubo sebagai wilayah yang terdampak paling parah terkena erupsi Gunung Gamalama.

Dengan penuh semangat dan antusias seluruh peserta Latihan serta masyarakat yang berada di tiga kelurahan tersebut  menghayati peran dalam Latihan gladi lapang penanggulangan bencana alam erupsi gunung Gamalama, 

Turut hadir pada Upacara Latihan Gladi Lapangan Gelar Pasukan tersebut Danalanal Ternate Kolonel Mar Ridwan Azis, Kepala BPBD  Maluku Utara, Kepala BPBD Kota Ternate, Kepala Basarnas Maluku Utara, Kapolres Ternate, Kepala Dinas Sosial Maluku Utara, Kepala Dinas Sosial Kota Ternate,  Kasi Korem 152/Baabullah, perwakilan Danlanud Morotai,  serta perwakilan dari  TNI, Polri, Pemda, Basarnas, FKPPI, Tagana serta tamu undangan. 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023