Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menanam sebanyak 100 anakan pohon mangrove pesisir pantai Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku. 

"Kegiatan  ini merupakan bentuk kepedulian dari Polda Maluku terhadap laut dan pesisir pantai khususnya yang ada di dalam Teluk Ambon,” kata Pemimpin kegiatan tanam mangrove, Ipda M. Luhukay, di Ambon, Jumat. 

 

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari bakti sosial dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Humas Polri. 

 

Menurutnya, saat ini terlihat banyak mangrove yang mulai rusak akibat sampah dan aktivitas lain yang dilakukan manusia, yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan. 

 

"Kami berharap sebanyak 100 anakan pohon mangrove yang kita tanam ini nantinya bisa melindungi pantai dan juga bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar sini," ujarnya.

 

Salah seorang masyarakat Poka, Ardi yang ikut dalam penanaman anakan pohon tersebut menyampaikan apresiasi kepada Polda Maluku yang telah peduli terhadap kelestarian lingkungan hutan mangrove di kawasan itu. 

 

"Kami masyarakat yang ada di kawasan ini sangat berterima kasih kepada Polda Maluku yang sudah melakukan penanaman pohon mangrove di lokasi pantai kami," ucapnya. 

 

Ia mengaku, penanaman anakan pohon magrove sebelumnya juga pernah dilakukan oleh komunitas lainnya. Hanya saja banyak yang telah mati dan kering dan tampak tersisa pada bagian laut. 

 

"Sementara yang di bagian atas ini mati semua jadi kami berharap yang ditanam ini nantinya bisa tumbuh dan besar dengan baik sehingga bisa melindungi pantai kami dan menjadi rumah bagi ikan dan hewan laut lainnya di pantai pesisir ini," harapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023