Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menciptakan aplikasi Pemilu Lancar Maluku Aman Sejahtera (Pela Manise), untuk memantau kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kami akan buatkan aplikasi Pela Manise. Dalam aplikasi ini nantinya ada buku saku sebagai pedoman dari anggota yang melaksanakan Operasi Mantap Brata (OMB) demi kelancaran Pemilu,” kata Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Maluku Kombes Pol. Asep Saepudin, di Ambon, Jumat.

Hal ini disampaikannya saat ia memimpin rapat analisa dan evaluasi (Anev) terkait pelaksanaan OMB Salawaku Pengamanan Pemilu tahun 2023-2024, dilaksanakan di posko OMB Salawaku yang berada di gedung Command Center, Mapolda Maluku, Ambon.

Aplikasi Pela Manise ini, berangkat dari aplikasi Early Warning System (EWS) milik Mabes Polri untuk memonitoring semua pelaporan dari Polda jajaran.

“Dari aplikasi tersebut, diharapkan agar setiap personel jajaran Polres/ta mengirimkan titik koordinat masing-masing dari Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ujarnya.

Karo Ops juga mengingatkan personel apabila ada hambatan saat mengunggah laporan pada Aplikasi EWS, agar mengirimkan laporan secara manual ke Posko OMB.

Ia menegaskan, anggota posko operasi juga harus lebih aktif dalam pelaporan perkembangan situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di semua wilayah Maluku setiap hari.

"Anggota posko juga harus lebih aktif dengan memonitoring laporan-laporan dari masing-masing Satgas dan juga Polres/ta jajaran Polda Maluku," pintanya.

Kombes Asep juga menyampaikan perintah Kapolda Maluku agar masing-masing personel jajaran Polres/ta harus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait dengan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) pada masing-masing kantor setempat.

Selain wilayah perkantoran, CCTV juga diharapkan terpasang pada gudang penyimpanan kotak suara. "Nanti masing-masing Polres mengirimkan Internet Protocol (IP) dari CCTV tersebut ke posko Operasi Mantap Brata Polda Maluku agar bisa dimonitoring," katanya.

Ia mengatakan, saat ini masuk pada tahapan pencalonan Capres dan Cawapres. Walaupun di Maluku tidak dilaksanakan, namun Kapolda meminta agar para anggota Satgas OMB tetap memonitoring perkembangan yang terjadi di Jakarta.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023