Ambon (Antara Maluku) - Sedikitnya tujuh perahu peserta yang mengikuti lomba arumbai manggurege yaitu jenis perahu kapasitas 30 orang yang berlangsung di Ambon untuk memeriahkan pesta teluk Ambon 2012.

Pantauan di lokasi start, Kamis  Negeri Amahusu ketujuh perahu yang rencananya akan dilepas Gubernur Maluku, Albert Karel Ralahalu dari lokasi pantai tirta kencana, Negeri Amahusu, masing-masing dari Negeri Itawaka sebanyak dua perahu,kemudian Negeri Nolot dan Porto masing-masing satu perahu peserta,Kabupaten Maluku Tengah.

Kemudian satu perahu peserta dari Seram Bagian Barat (SBB), kemudian satu peserta dari Desa Hative Besar mewakili Kota Ambon dan satu peserta lainnya dari Pangkalan Angkatan laut (Lantamal) IX Ambon.

Lomba akan dimulai pada pukul 12.00 WIT dari lokasi obyek wisata pantai Tirta Kencana, Negeri Amahusu dan finish di pantai pasar Higenis, Desa Tantui.

Selain itu, ada juga lomba lainnya yang akan digelar  di perairan Negeri Amahusu hingga Desa Hative besar dan juga lomba foto bawah laut di Desa Hukurila, Leahari dan lokasi wisata Pintu kota.

Kemudian ada juga lomba renang estafet dari perairan Tanjung Marthafons, Poka - Hatiwe Besar dengan 63 peserta telah mendaftar.

Abraham Lewaherilla, anggota pantia yang dipercayakan sebagai juri lomba arumbai manggurebe mengatakan, selain arumbai manggurebe ada juga lomba perahu semang perempuan diikuti 63 peserta dengan start di perairan Rumahtiga - Pasar Ole - Ole, Tantui.

Sedangkan acara pada malam hari nanti menjelang penutupan digelar pertandingan hawaian band diikuti tujuh peserta.

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012