BPJAMSOSTEK Maluku menyerahkan santunan Program Jaminan Kematian (JKM) kepada tiga ahli waris pekerja di Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Penyerahan santunan JKM diserahkan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, kepada ahli waris pekerja di lingkup Pemkab Malteng, di antaranya perangkat Negeri Rumahwey dan Maneoratu, guru honorer Kecamatan Leihitu dan guru honorer di Kecamatan Saparua, saat perayaan HUT kota Masohi ke 66.

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Maluku, Dwi Ari Wibowo menyatakan bertepatan dengan puncak HUT Kota Masohi 2023, pihaknya menyerahkan santunan JKM kepada masing-masing ahli waris Rp42 juta, katanya, Senin.

Santunan tersebut, katanya, merupakan pelaksanaan tugas BPJAMSOSTEK sebagai lembaga negara yang memberikan jaminan sosial kepada para pekerja.

"Kita berupaya agar seluruh pekerja rentan nyaman bekerja di tengah risiko pekerjaan, di satu sisi mereka mempunyai keluarga yang harus diberi nafkah. Di sinilah bentuk kepedulian negara memberikan pelayanan prima kepada para peserta," ujarnya.

Baca juga: BPJamsostek Maluku evaluasi kinerja agen perisai di Tual

Selain itu juga dilakukan penyerahan santunan manfaat, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja rentan dan guru honorer sebesar Rp39,44 miliar.

"Total jumlah manfaat yang telah disalurkan BPJS Ketenagakerjaan Maluku kepada peserta di kabupaten Maluku Tengah dalam kurun waktu awal tahun 2023 hingga sekarang mencapai Rp39,44 miliar," katanya.

Dwi menyatakan pihaknya berupaya agar para pekerja rentan mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk melakukan pendataan.

Kolaborasi dilakukan dengan pemerintah daerah, perusahaan maupun badan usaha dalam mendorong perlindungan pekerja rentan, karena belum seluruhnya pekerja rentan terlindungi.

"Di sekitar kita pasti banyak pekerja rentan yang belum terlindungi, perlindungan pekerja tidak bisa dilakukan sendiri oleh BPJS tetapi bersama-sama semua pihak melindungi pekerja rentan," ujarnya.

Baca juga: BPjamsostek Maluku serahkan santunan JKM kepada ahli waris di Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023