Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena mengatakan Klinik Mata Ambon Vlissingen berkontribusi meningkatkan kesehatan mata masyarakat di Provinsi Maluku.

"Keberadaan Klinik Mata Ambon Vlissingen selama ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah di Provinsi Maluku maupun beberapa provinsi lainnya," kata Bodewin Wattimena saat perayaan satu dekade Klinik Mata Ambon Vlissingen, di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah sangat terbantu dengan kehadiran Klinik Mata Ambon Vlissingen (AV), karena dari segi harga, pelayanan, dan peralatan juga paling baik di Provinsi Maluku.

Saat ini, menurut dia, perkembangan Klinik Mata AV semakin meningkat, baik fasilitas penunjang maupun kunjungan warga yang datang untuk melakukan pemeriksaan mata.

"Data yang disampaikan menunjukkan kunjungan pasien terus mengalami peningkatan, sehingga harus diimbangi dengan layanan terbaik," katanya.

Pemkot Ambon, kata dia, berupaya untuk terus memberikan dukungan kepada klinik ini agar pelayanan terus ditingkatkan dan masyarakat dapat menikmati pelayanan terbaik.

Upaya yang dilakukan, kata Bodewin, melalui penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Klinik Mata AV guna menciptakan kemandirian, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Peningkatan status BLUD, menurut dia, diharapkan dapat lebih inovatif, serta mengubah "wajah" pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik.

"Melalui status BLUD diharapkan bisa mandiri untuk mengelola diri sendiri, sehingga ke depan Pemkot Ambon maupun Pemerintah Vlissingen Belanda melalui Stichting Samenwerking Vlissingen Ambon atau Yayasan Kerja Sama Vlisingen Ambon, dapat lepas pengelolaan," katanya.

Bodewin menambahkan, catatan penting kehadiran Klinik Mata AV merupakan wujud dari keberlangsungan dan keberlanjutan pembangunan yang dilakukan dua kota kembar.

"Saya berharap seluruh staf terus bersemangat melayani, tingkatkan etos kerja dan kita yakin bahwa dengan semua itu kita akan bisa memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat di bidang kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023