Pejabat Bupati Maluku Tenggara  Jasmono   mengapresiasi Yayasan Siran Mas Evav atas   inovasi dan kreasi menciptakan Sekolah Lapang Kerja Budaya (SLKB) dan meluncurkan Sistem Informasi Pangan Lokal dan Data Ohoi Langgur. 


Saya berharap ini dapat memberikan inspirasi kepada berbagai pihak untuk turut berkolaborasi dan bersinergi dalam memanfaatkan  dan mengimplementasikan sistem informasi tersebut,"ungkap Jasmono di Malra, Sabtu (11/11)

Ia menyampaikan hal itu pada peluncuran Sistim Informasi Pangan Lokal dan Data Ohoi Langgur yang ditandai dengan penekanan tombol sirene yang berlangsung di balai Desa/Ohoi Langgur, Kecamatan Kei Kecil,  Maluku Tenggara.

 
Menurut Jasmono Provinsi Maluku pada umumnya dan Kabupaten Maluku Tenggara  memiliki kekayaan sumber daya alam dengan keanekaragaman pangan yang  diwariskan para Leluhur kepada   generasi saat ini. 

Kekayaan penganekaragaman sumber daya pangan lokal ini  strategis dan penting, sehingga perlu  dilakukan inventarisasi guna  mengumpulkan berbagai jenis komoditas  ke dalam  Sistem Informasi Pangan Lokal.

Ini  sekaligus menginput seluruh potensi yang ada baik   sumber daya alam maupun sumber daya manusia, yang berada di  Ohoi Langgur. 

Ia  berharap peluncuran sistem informasi ini menjadi proyek percontohan  untuk dikembangkan dan didiseminasikan pada Ohoi lainnya.

Ini  sesuai imbauan  Presiden Jokowi pada saat sambutan Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB) ke-59 pada t 1 September 2023 yaitu  sumber pangan lokal harus dikembangkan untuk mengurangi ketergantungan pada satu jenis komoditas pangan tertentu (beras).

"Dengan menciptakan kemandirian pangan di setiap daerah sekaligus mendorong tumbuhnya perekonomian daerah denga motto makan apa yang ditanam dan tanam apa yang dimakan menjadi relevan dengan imbauan presiden, kata dia.

Pemerintah daerah,  kata Jasmono harus dapat memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah. Tujuannya agar keluarga miskin  memiliki akses terhadap pangan. (DS)


 

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023