Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura bersama Brimob Polda Maluku berkomitmen perkuat bersinergi untuk menjamin keamanan di Maluku.

"Atas pengorbanan dan dedikasi Brimob sebagai penjaga keamanan terbaik, sinergi antara Kodam Pattimura dan Brimob akan terus terjaga," ucap Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Kamis.

Hal itu dikatakan Pangdam saat menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Korps Brimob di Kota Ambon.

Peringatan HUT ke-78 Korps Brimob Polri Tahun 2023 ini, mengusung Tema 'Negara aman menuju Indonesia maju'.

"Semoga Brimob semakin profesional dan selalu berhasil dalam melakukan tugas-tugasnya," ucap Pangdam.

Sementara itu Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, mengungkapkan, selama ini Brimob sudah banyak memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara, ikut berjuang mengisi pembangunan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapolda berharap kedepan, Brimob semakin modern, dan makin profesional, humanis serta selalu dicintai oleh rakyat.

"Tadi amanat bapak Kapolri jelas-jelas disampaikan beberapa pesan yang harus kita tindaklanjuti, khususnya terkait dengan Pemilu yang aman dan damai serta kondusif di wilayah Maluku," katanya.

Pada HUT Korps Brimob tersebut Polda Maluku menampilkan atraksi budaya dari berbagai kebudayaan di Indonesia, termasuk Maluku.

Ada tarian Gatot Kaca melawan Buto yang ditampilkan sanggar seni Yakso Muda Waimital dibawah binaan Polres Seram Bagian Barat (SBB). Tarian Barongsai oleh group GuanXi Ambon juga mewarnai perayaan HUT pasukan elit dari Polri tersebut. Dari Maluku, ada tarian Myama Tawahuk It yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Tarian ini dibawakan oleh sanggar seni dari SMA Negeri 3 Ambon.

Hadir dalam upacara tersebut, Sekda Maluku Saddali Ie, Kajati Maluku Agus Sunarto, Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Ambon Ade Komarudin, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen Naipun, Kepala Zona Maritim Timur Laksamana Pertama Egam Andasmoro, Danlanud Patimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Rektor Universitas Patimura Prof. M. J. Saptenno, dan PJU Polda Maluku.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023