Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara fokus mengembangkan program terhadap pendidikan di tingkat sekolah SMA ,SMK sederajat yang tersebar di daerah 10 kabupaten/kota.

"Masalah pendidikan akan menjadi perhatian, tetapi guru dalam kegiatan di sekolah dapat memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik ,sehingga mereka bisa mendapatkan perubahan," kata Kepala Dikbud Malut Imran Yakub di Ternate, Selasa.

Menurut dia, perhatian siswa selama di sekolah tertumpuk para guru dan teman,karena anak didik akan meniru prilaku guru, teman dan orang yang ada sekitarnya, sehingga pentingnya guru membangun kehidupan edukatif dan penanaman nilai nilai, sehingga lingkungan sekolah terbentuk, baik prilaku, sikap ucapan dan hubungan sosial yang baik.

Selain itu, seorang siswa akan lebih memperhatikan kegiatan belajar, mengajar di kelas, karena bimbingan guru yang mengarah pada pembentukan karakter anak siswa, sehingga akan tumbuh minat belajar dengan motivasi yang diberikan oleh guru.

Dirinya mengatakan, perkembangan siswa harus didorong terus agar lebih maju, sehingga tidak kalah pentingnya dengan provinsi lain di Indonesia, sebab, bagi guru yang berprestasi akan diberikan kesempatan keluar daerah untuk melihat perkembangan pendidikan, sehingga sekembalinya dapat memajukan pendidikan di daerah.

Sebaliknya, anak anak didik yang berprestasi diberikan kesempatan untuk ikut berbagai kegiatan, baik yang dilaksanakan di tingkat daerah maupun ditingkat nasional.

Imran menambahkan, dengan terwujudnya sumber daya manusia yang handal Malut tidak terlepas dari pendidikan, sehingga para guru ketika berikan pelajaran harus sesuai dengan metode yang telah digariskan, karena pendidikan tidak akan pernah ada habisnya.

Dia menyebutkan, Kepala Sekolah dengan jabatan tugas tambahan, sehingga setiap kebijakan harus transparansi dalam keputusan bersama. Sangat tidak bijaksana, kalau kita menghadapi masalah yang berulangkali, salah satu masalah yang berkaitan dengan Guru Tidak Tetap (GTT).

"Maka saya harap Kepala sekolah dalam mengajukan tenaga guru tidak tetap agar melalui pendekatan sesuai kebutuhan dan mutu, bukan karena kekerabatan atau kekeluargaan," kata Imran.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023