Kapolres Kabupaten Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya menggandeng jurnalis menyerukan Pemilu 2024 antihoaks untuk mewujudkan pemilu aman, damai, dan lancar.

“Saya mengajak jurnalis untuk membantu kepolisian dalam hal ini Polres Kepulauan Tanimbar untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif, terutama menjelang pelaksanaan tahapan kampanye,” kata Umar, Ambon, Senin.

Ia meminta jurnalis dapat mengedepankan profesionalitas dalam memberikan informasi yang benar, berkualitas, mendidik bagi masyarakat Tanimbar, dan menghindari pemberitaan yang bersifat hoaks.

"Saya berharap kepada rekan-rekan jurnalis untuk tidak provokatif dalam pemberitaan. Beritakan yang sejuk, mendidik, dan berimbang, apalagi saat ini kita dihadapkan dengan tahapan dan proses-proses politik pada Pemilu 2024 yang akan datang” pintanya.

Baca juga: Kapolres minta oknum anggota DPRD Kepulauan Tanimbar taat hukum

Kapolres mengungkapkan bahwa yang pasti, baik itu Polres Kepulauan Tanimbar maupun para jurnalis harus siap berkomitmen untuk mendukung pemilu damai, mendukung gerakan antihoaks demi persatuan, dan kesatuan bangsa.

Ia berharap Pemilu 2024 berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan. Masyarakat perlu diajak berpartisipasi dalam menjaga situasi yang kondusif pada pemilu.

“Kami harap masyarakat mau turut andil dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif karena kami tidak bisa berjalan sendiri tanpa peran serta warga,” ucapnya.

Dalam pertemuan itu, Kapolres Tanimbar dan jurnalis membahas terkait dengan proses penegakan hukum di antaranya seputar kasus 'leasing', perlindungan wartawan hingga pelanggaran pemilu yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang harus menjadi bahan evaluasi ke depan.


Baca juga: Kapolres KKT kerahkan 200 personel siaga tangani dampak gempa Maluku

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023