Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif meminta Polisi Air dan Udara (Polairud) meningkatkan pelayanan masyarakat di perairan Maluku.

Hal ini disampaikannya dalam acara syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Polairud, berlangsung di gedung Plaza Presisi Manise Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon.

"Tingkatkan terus pelayanan kepada masyarakat pesisir. Jadilah Bhayangkara Airud yang setia, tangguh dan humanis dalam menjaga wilayah perairan dan udara NKRI," kata Lotharia, di Ambon, Jumat.

Kepada seluruh personel Polairud, ia meminta untuk terus menunjukkan eksistensinya dalam menjalankan tugas memelihara keamanan.

Selain itu, pengawasan di wilayah laut terus ditingkatkan dan diperketat, sehingga para pelaku ilegal logging, ilegal oil, perdagangan manusia, penyelundupan narkoba, perdagangan senjata ilegal dan lainnya yang merugikan dan membahayakan negara dapat diantisipasi dan dicegah.

Apa lagi dalam masa Pemilu saat ini harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat, sebagai perekat simpul persatuan dan kesatuan bangsa, dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Sehingga dapat terwujudnya Pemilu yang aman, lancar, damai dan sejuk," ujarnya.

Baca juga: Kapolda: Pengamanan swakarsa perkuat sistem keamanan lingkungan

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Maluku, Irjen Latif, juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura, Bakamla Zona Maritim Timur, Imigrasi, dan semua otoritas keamanan dan pengawasan.

"Saya atas nama Kapolda Maluku menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait yang selama ini sudah bekerja sama dengan Polda Maluku, melaksanakan pengamanan dan pengawasan dalam rangka memelihara keutuhan bangsa terkhusus untuk wilayah Maluku," ucapnya.

Kapolda juga memberikan piagam penghargaan kepada tiga personel Direktorat Polairud Polda Maluku. Mereka dinilai berprestasi dan berdedikasi baik dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Saat pemberian piagam, Kapolda didampingi Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Pol Handoyo Santoso.

Acara syukuran peringatan HUT ke-73 Polairud dihadiri Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Komandan Lanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Komandan Guspurla Koarmada III, Kabakamla Zona Maritim Timur, dan sejumlah pejabat TNI, Pemerintah Daerah dan pimpinan instansi kementerian/lembaga di Maluku.


Baca juga: Kapolda Maluku imbau parpol lakukan kampanye tetap sejuk dan damai

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023