Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif mengimbau seluruh calon legislatif dan partai politik peserta Pemilu 2024 agar melakukan kampanye dengan tetap sejuk dan damai.

"Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang semakin kondusif di Maluku agar tahapan kampanye bisa berjalan lancar," kata Latief di sela meninjau kesiapan pengoperasian posko Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku 2023-2024, di Ambon, Selasa.

Kapolda juga berharap peserta Pemilu 2024 agar melakukan kampanye dengan cara-cara yang santun dan sejuk, serta mencerdaskan masyarakat, sehingga keamanan dan kedamaian tetap terjaga di Maluku.

Pada kesempatan itu Kapolda juga mengarahkan Kapolres dan Kapolresta jajaran agar berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Baca juga: Kapolda: Pengamanan swakarsa perkuat sistem keamanan lingkungan

"Kepada para Kapolres dan Kapolresta agar dapat berkoordinasi dengan KPU di setiap wilayah untuk membuat skema dan jadwal kegiatan kampanye dengan baik," kata Kapolda, di Ambon, Selasa.

Menurut Latif, pengaturan skema ataupun jadwal kampanye penting diperhatikan dan harus dilakukan, sehingga tidak terjadi gesekan antarpeserta atau tumpang tindihnya kegiatan kampanye.

Polri, kata Kapolda, juga akan melakukan mapping dan monitoring situasi. Bahkan, pihaknya akan mengingatkan KPU yang tidak proaktif dan antisipatif terhadap pengaturan kegiatan kampanye sesuai aturan.

"Pengaturan kampanye harus jelas, sehingga tidak menimbulkan potensi konflik di lapangan," katanya.

Menurut dia, Polri akan terus bekerja sama dengan TNI, penyelenggara pemilu ataupun peserta pemilu untuk menjaga situasi agar tetap aman dan damai.

Saat meninjau Posko OMB Salawaku yang berada di Markas Polda Maluku, Jalan Sultan Hassanudin, Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kapolda berharap semua personel yang terlibat dalam Satuan Tugas OMB Salawaku Polda Maluku agar dapat bekerja dengan rasa penuh tanggung jawab.

"Saya harapkan para personel yang bertugas di posko tersebut harus tetap siaga dalam menerima setiap informasi yang dilaporkan anggota di lapangan," ujarnya.

Baca juga: Pengamanan Pemilu 2024 dikuatkan dengan strategi edukasi masyarakat

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023