Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Maluku memastikan stok bahan pokok di provinsi itu mencukupi menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 usai melakukan pemantauan ke sejumlah pasar tradisional dan modern.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, stok bahan pokok cukup, mari berbelanja secukupnya, tidak perlu panik sampai menimbun barang,"  kata Wakil TPID Maluku Rawindra Ardiansah di Ambon, Rabu.

Menurut dia TPID Maluku bersama   Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP)  telah melakukan pemantauan harga dan pengawasan di pasar tradisional, pasar moderen, dan juga gudang distributor  guna memastikan ketersediaan stok barang kebutuhan pokok.

Pemantauan  dilakukan juga berdasarkan instruksi Presiden RI, dan juga Gubernur Maluku Murad Ismail sesuai dengan hasil rapat TPID Provinsi Maluku  untuk memastikan dan menjaga ketersediaan stok di Maluku.

Karena itu, pihaknya turun ke Pasar Mardika Ambon dan pasar tradisional lainnya  untuk mengecek barang-barang kebutuhan pokok memastikan stok dan harga jual.

"TPID tetap intensif guna melakukan pengawasan,  kalau ada barang yang kurang tim akan mengupayakan untuk mendatangkan  dari daerah lain," kata dia yang merupakan Kepala BI perwakilan Maluku.

Ia berpesan dari hasil pemantauan  bahan pokok mencukupi  karena itu masyarakat tidak perlu takut dalam menghadapi  perayaan hari raya Natal.

Pada sisi lain ia meminta  TPID kabupaten kota  memperkuat sinergi agar kondisi ini bisa bertahan hingga awal tahun.

"Kepada   pedagang diminta menjaga  kestabilan harga dan masyarakat jangan berbelanja secara berlebihan," kata dia.

Ia berharap kondisi ini dapat terus dipertahankan hingga menjelang perayaan Natal Kristus dan memasuki Tahun baru.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023