PT Pelayaran Nasional (Pelni) cabang Ambon melakukan penyesuaian rute dan menambah alat keselamatan penumpang yang mengunakan kapal tersebut untuk libur Natal dan Tahun Baru.

"Terkait rute kita ada rekayasa untuk beberapa kapal seperti kapal Doloronda itu biasanya dari Jakarta tiba di Ambon kemudian kembali lagi, tapi kali ini setelah tiba di Ambon kemudian ke Ternate lalu baliknya ke Ambon terus balik lagi ke Ternate, nah ini untuk memfasilitasi calon penumpang yang akan merayakan Natal," ucap Kepala Operasional PT Pelni cabang Ambon, Mohammad Assegaf di Ambon, Jumat.

Assegaf mengatakan hal itu dilakukan selain untuk memfasilitasi calon penumpang yang merayakan Natal, juga untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang biasa terjadi menjelang Natal.

Selain itu, lanjut dia, PT Pelni juga menambah alat keselamatan berupa rakit penyelamat. Ini menjadi salah satu syarat agar PT Pelni bisa mengajukan dispensasi penambahan kapasitas penumpang mengingat peningkatan penumpang pada hari raya cukup tinggi.

“Untuk penambahan alat keselamatan high season seperti lebaran maupun Natal itu memang dari Ditkapel Pusat. Dispensasi tambahan kapasitas penumpang di atas kapal dengan syarat harus menambahkan alat keselamatan dan biasanya itu setiap kapal ditambahkan alat keselamatan berupa liferaft atau kapsul penyelamat itu ya,” katanya menjelaskan.

Ia melanjutkan PT Pelni akan menyewa penambahan alat keselamatan di Ambon, khusus untuk KM Doloronda, yang berpusat di Ambon. Sementara, kapal lainnya akan ditambahkan oleh Pelni Pusat.

“Khusus di Ambon karena ada satu kapal yang home base di Ambon, kita menyediakan liferaft di Ambon, kalau sampai yang di Jakarta atau Surabaya itu diplotnya disana,” tuturnya.

Sedangkan untuk Kapal Perintis, Assegaf mengatakan tidak ada penambahan alat keselamatan lantaran tak ada dispensasi penambahan kapasitas penumpang.

Sebelumnya PT Pelni cabang Ambon juga telah menambah dua armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023