Manajer Unit Pelaksana Pembangkitan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara Andre Sasmita mengatakan telah melakukan program pemeliharaan mesin-mesin pembangkit menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Beberapa hari terakhir ini memang terjadi pemadaman listrik secara bergilir di Pulau Ambon," kata Andre Sasmita dalam rapat kerja dengan Komisi II DPRD Maluku di Ambon, Jumat.

Menurut dia, hal ini terjadi karena unit pembangkit yang ada di Waai, Kecamatan Saluhutu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah yang sudah waktunya memasuki jadwal pemeliharaan.

Beroperasinya kapal pembangkit listrik Brage Mounted Plant (BMPP) Nusantara 1 yang berlabuh di perairan Pantai Negeri Waai untuk melayani kebutuhan listrik warga.

"Langkah ini juga dilakukan guna mendukung kegiatan siaga untuk aktivitas masyarakat menjelang perayaan natal dan tahun baru," ujarnya dalam rapat kerja dipimpin Ketua Komisi II DPRD Maluku Johan John Lewerissa.

Maka sebelum memasuki hari raya, PLN sudah berupaya menyiapkan pengoperasian masing-masing pembangkit listrik yang ada secara optimal.

"Akibat jadwal pemeliharaan tersebut terjadi pemadaman di sistem Ambon, sehingga kami mohon maaf kepada masyarakat pelanggan PLN," ujar Andre.

PLN UIW MMU menunjukkan saat ini juga telah membuktikan komitmen mereka dalam mewujudkan program Listrik Desa dengan melistriki sebanyak 490 desa, baik di Provinsi Maluku maupun Maluku Utara.

Sebanyak 97 lokasi PLTD total sebanyak 490 desa dan 56.740 pelanggan berhasil dilistriki oleh PLN UIW MMU.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023