Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara menggelar Operasi Lilin Kie Raha 2023 untuk memberikan kenyamanan bagi umat Kristiani dalam menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kapolda Malut, Irjen Pol. Midi Siswoko di Ternate, Rabu, mengatakan kesiapan dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 itu dibahas dalam koordinasi lintas sektoral terkait operasi itu.

Dia menekankan bahwa perayaan ini merupakan momen penting bagi umat Nasrani, sering diidentikkan dengan mudik pulang kampung dan silaturahmi keluarga.

Selain kesiapan pengamanan, juga dibahas tantangan yang dihadapi selama perayaan, termasuk peningkatan arus lalu lintas, potensi kepadatan, dan meningkatnya kriminalitas.

Baca juga: Terlibat penipuan, Propam Polda Malut gelar perkara kasus Briptu Iksan

Kapolda menegaskan bahwa Polri, sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, khususnya Polda Malut, telah mempersiapkan diri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dengan digelar Operasi Lilin Kie Raha 2023 yang berlangsung selama 12 hari, dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Fokus utama operasi ini adalah kegiatan pencegahan," ujarnya.

Lebih lanjut, kerjasama antar instansi dan mitra kamtibmas diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, memastikan perayaan berjalan dengan tertib dan kondusif, sehingga masyarakat dapat beribadah tanpa rasa resah.

Kapolda juga mengingatkan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, termasuk ketersediaan bahan pangan, distribusi bahan bakar minyak, kelengkapan moda transportasi, dan antisipasi terhadap potensi kerawanan seperti bencana alam.


Baca juga: Polda Malut minta masyarakat bijak gunakan media sosial jelang Pemilu 2024

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023