Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya Maluku menyiapkan sebanyak empat kapal untuk melayani masyarakat selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“PD Panca Karya dalam menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, itu ada empat kapal yang kami siapkan untuk beroperasi,” kata Kepala Unit Usaha Pelayaran PD Panca Karya Maluku, Cornelis Pattinama di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan empat kapal tersebut disiapkan masing-masing untuk lintasan perintis yang pertama yakni, KMP Tanjung Koako dan KMP Sardinela melayani pelayaran Teluk Ambon - Waai - Kailolo dan Hunimua - Waipirit Seram Bagian Barat (SBB).

Kemudian KMP Tatihu melayani lintasan Galala - Namlea - Teluk Sanana dan KMP Bahtera Nusantara 02 melayani pelayaran Ambon - Banda Neira - Tual.

Menurut Cornelis, lintasan yang menjadi tantangan dari tahun ke tahun yang dilayani Panca Karya, adalah jumlah penumpang yang kerap membludak pada pada rute Hunimua - Waipirit. Sehingga langkah antisipasinya adalah melakukan penambahan trip di luar jadwal operasi kapal.

Baca juga: PD Panca Karya siapkan delapan armada untuk libur Nataru

“Kalau untuk angkutan hari-hari besar dari tahun ke tahun berdasarkan pantauan kami, lintasan Hunimua - Waipirit antreannya selalu membludak, sehingga kami tetap antisipasi dengan penambahan trip,” terangnya.

Cornelis mengaku untuk Maluku sendiri, tidak ada kapal cadangan yang disiapkan dalam menghadapi mudik lebaran Idul Fitri maupun Natal dan libur tahun baru. Tetapi PD Panca Karya dan perusahaan pelayaran lainnya di Maluku, memastikan akan ada ekstra trip.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Natal dan liburan tahun baru, agar dapat mentaati aturan yang ada.

“Kami harap masyarakat dapat memaklumi dengan bersabar untuk trip-trip kapal selanjutnya. Karena kapasitas kita kan juga terbatas. Kalau terjadi lonjakan penumpang kita pastikan selalu ada penambahan trip,” ucapnya.

Baca juga: PD Panca Karya siap operasional KMP Bahtera Nusantara II

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023