Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku, melakukan pengamanan dan pengawalan distribusi surat suara Pemilu 2024 untuk pemilihan presiden(Pilpres) dan wakil presiden RI ke Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Ambon.

Pengawalan yang dilakukan oleh Satgas OMB Salawaku dilaksanakan mulai dari Pelabuhan Terminal Peti Kemas Ambon sampai ke gudang penyimpanan logistik KPU Kota Ambon.

"Kami sudah mengawal pendistribusian logistik Pemilu ke KPU Kota Ambon sejak surat suara Pemilu itu tiba di Pelabuhan Peti Kemas Ambon," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat, di Ambon, Selasa.

Sebelumnya, saat proses pembongkaran dan pengangkutan logistik Pemilu untuk KPU Kota Ambon yang baru tiba dengan Kapal Meratus tersebut, disaksikan oleh KPU Provinsi Maluku, serta diawasi oleh Bawaslu Provinsi Maluku.

Surat suara pemilihan Presiden-Wakil Presiden RI ini diangkut menggunakan dua unit mobil boks. Total yang dibawa ke KPU Kota Ambon sebanyak 130 koli. Setiap koli berisi 2.000 lembar surat suara.

Baca juga: Polda Maluku temui tokoh agama sosialisasi Kamtibmas jelang pemilu
 

"Yang dikawal ke gudang penyimpanan logistik Pemilu Kota Ambon sebanyak 130 koli. Proses pengawalan berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Selain ke Ambon, logistik Pemilu surat suara presiden yang tiba di Pelabuhan TPK Ambon juga untuk 10 kabupaten lainnya. Yang mana ada 1 kontainer dan berisi sejumlah 701 koli.

Tampak dalam pengamanan masuknya satu unit kontainer tersebut yakni Satgas OMB Salawaku Polda Maluku, dan Polsek KPYS, Polresta Ambon. Turut hadir pihak KPU dan Bawaslu Provinsi Maluku.

"Kami juga sudah mengamankan surat suara untuk 10 kabupaten lainnya yang akan didistribusikan," ungkap Roem.

Kombes Roem mengaku, dalam pendistribusian logistik Pemilu akan diamankan maupun dikawal oleh tim Satgas OMB Salawaku Polda Maluku sampai di daerah tujuan.

"Semoga dalam pengiriman logisitik Pemilu kami berharap dapat berjalan aman dan lancar tanpa ada kendala berarti," ucap Roem.


Baca juga: Polda Maluku kawal pembongkaran surat suara Pemilu di Ambon

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023