Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menemui tokoh agama di Ambon untuk melakukan menyosialisasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang pemilu 2024. 

 

"Saat bertatap muka dengan tokoh agama, tim kami mengajak untuk bersama-sama aparat Kepolisian berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata Subsatgas Binmas OMB Salawaku Polda Maluku Kompol Helda Misse Siwabessy di Ambon, Selasa.

 

Ia mengaku, dalam pertemuan tim Satgas juga mendapatkan saran dan masukan  agar Polda Maluku dapat memberikan imbauan kamtibmas secara tertulis melalui Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM).

 

Sehingga Sinode GPM dapat mendistribusikan imbauan tersebut ke seluruh gereja baik yang ada di Maluku maupun Maluku Utara. Selain itu, juga akan dibacakan setiap kali ibadah Minggu dan disampaikan dalam khotbah. 

 

“Dengan demikian, kami berharap tokoh agama dapat mengimbau masyarakat untuk mendukung terselenggaranya Pemilu Damai, dan tetap saling menghormati perbedaan serta bersama merawat persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

 

Selain menemui tokoh agama, tim Satgas Preemtif juga bertemu langsung dengan tukang ojek dan pengayuh becak di sejumlah kawasan Kota Ambon. 

 

"Kami juga mengimbau kepada para tukang ojek dan tukang becak untuk mendukung Pemilu damai, tetap saling menghormati setiap pilihan dengan menjunjung toleransi untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa," ajaknya.

 

Masyarakat juga diingatkan untuk terus mewaspadai beredarnya berita hoaks maupun ujaran kebencian menjelang Pemilu. Warga juga diajak untuk mematuhi aturan yang berlaku dan tidak melakukan perbuatan melawan hukum.

 

"Kami juga mengajak masyarakat untuk dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif untuk mendukung pemilu yang adil dan jujur," katanya.

 

Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku, terus melakukan sosialisasi kamtibmas menjelang Pemilu 2024, dengan cara menemui masyarakat secara langsung.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023