Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif memastikan keamanan kapal penumpang di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon berjalan baik

Hal ini dipastikannya saat melakukan pengecekan kesiapan personel di Pos Pelayanan Terpadu yang berada di dalam kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

"Saya, Pangdam, dan Danlatamal sudah melakukan pengecekan di Pos Pelayanan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon," kata Lotharia, di Ambon, Selasa.

Ia mengungkapkan, pengecekan dilakukan untuk memastikan kesiapan pengamanan penumpang yang menggunakan jasa transportasi angkutan laut.

"Memang kita di Maluku ini transportasi laut yang diutamakan, dan kita melihat persiapan sudah cukup baik, dan pengaturan cukup baik," ungkapnya.

Kapolda berharap para pihak terkait dapat terus mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Selain itu, kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso diharapkan dapat dipastikan dalam keadaan baik.

"Kapal-kapal yang sandar harus betul-betul dilakukan pengecekan, dan kesiapannya. Termasuk penumpang maupun kapal yang akan digunakan. Kita berharap semuanya nanti akan dapat berjalan dengan aman dan lancar," harapnya.

Irjen Latif menyampaikan penjelasan dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon. Bahwa puncak arus mudik angkutan laut telah dilewati. Bahkan, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 3 - 4 Januari 2024.

"Saya berharap terus menjaga sinergisitas, kebersamaan antara TNI Polri dan instansi terkait dan khususnya KSOP dan Pelindo juga nantinya memperhatikan pelayanan masyarakat yang akan menggunakan jasa kapal laut," ungkapnya.

Senada dengan Kapolda, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial, berharap pelayanan Natal dan Tahun Baru terutama di wilayah Pelindo (Pelabuhan Yos Sudarso) dapat berjalan dengan baik, aman,vdan lancar.

"Kami berharap masyarakat pengguna kapal jasa angkutan laut ini bisa melaksanakan kegiatan mereka dengan nyaman. Tentunya kita TNI Polri dan juga Pelindo di sini dapat menjaga untuk kenyamanan tersebut," ujar Syafrial.

Kepala KSOP Klas I Ambon, Arif Mujianto mengaku, semua kapal penumpang yang masuk atau bersandar

di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon akan dilakukan uji kelayakan.

Dalam pengecekan yang dilakukan selama menjelang perayaan Natal hingga saat ini, semua kapal penumpang yang beroperasi dinyatakan layak berlayar.

Arif mengaku, Tahun ini mengalami lonjakan penumpang dibanding perayaan Natal tahun sebelumnya.

"Sampai hari ini kita mengalami lonjakan penumpang yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 18 persen atau sebanyak 23.000 penumpang. Kami nyatakan tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan perayaan Natal sebelumnya," katanya.

Pada kesempatan itu, Arif menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri atas sinergitas dan kolaborasi yang telah dilaksanakan secara bersama-sama.

Dikatakan, sinergitas dan kolaborasi antara TNI Polri yakni Polda, Pangdam dan Lantamal telah menunjukkan kehadiran negara dalam melayani masyarakat dengan baik.

"Mudah-mudahan kepedulian ini memberikan berkah dan kebahagiaan kepada masyarakat dan keluarga yang mereka kunjungi di wilayah masing-masing," harap Arif.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023