Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, melalui Dinas Kesehatan bersama Tim Penggerak (TP) PKK menyerahkan bantuan alat antropometri kepada posyandu untuk mendeteksi anak yang menderita stunting.

"Bantuan alat antropometri diberikan kepada kader posyandu dan kader BKB (Bina Bantuan Balita) sebagai upaya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak penderita stunting, serta meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan alat antropometri yang diberikan kepada posyandu berupa digital baby scale atau timbangan bayi digital, stadiometer atau alat ukur tinggi badan, infantometer atau alat ukur panjang badan, timbangan injak digital, metline atau alat ukur lingkar lengan atas dan lingkar kepala serta tas antropometri kit.

Bantuan antropometri yang diserahkan kepada posyandu sebanyak 258 paket merupakan alat antropometri yang berstandar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sehingga diharapkan dapat menekan stunting.

Antropometri Kit, katanya, adalah alat yang dipakai untuk pengukuran pertumbuhan bayi dan balita.

Baca juga: TP-PKK Maluku Tengah kampanye tablet tambah darah bagi remaja puteri cegah stunting

"Saat pengukuran bayi lebih standar, maka barometer pengukuran stunting dengan tinggi atau berat tubuh bisa lebih tepat," katanya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Kota Ambon Lisa Wattimena mengatakan bantuan yang diberikan sebagai wujud kolaborasi antara pemerintah dan TP-PKK. 

Bantuan juga diberikan kepada anak penderita stunting guna membantu pemenuhan gizi anak dan diharapkan dapat berdampak pada penurunan angka Stunting di Kota Ambon.

Bantuan alat antropometeri dan APE untuk kader posyandu dan kader BKB, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat, dengan melakukan pemeriksaan dan memantau tumbuh kembang anak, juga dalam rangka membentuk karakter anak melalui permainan dan edukasi.

Disamping memberikan bantuan bagi anak stunting, posyandu dan Kader BKB, juga diberikan piagam penghargaan bagi kader PKK dan lingkup Kecamatan Sirimau, telah mengabdi selama 20 tahun.

Baca juga: DPPKB - TP PKK Ambon lakukan edukasi program penurunan stunting

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024