Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Ambon menggalakkan olahraga tradisional masyarakat guna menumbuhkan kembali minat olahraga pada masyarakat di kota itu.

"Dengan adanya KORMI Kota Ambon kita tingkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang olahraga," ucap Ketua umum KORMI Kota Ambon, Lisa Wattimena di Ambon, Jumat.

Hal itu diutarakan Lisa dalam rapat kerja pertama KORMI Kota Ambon.

Selaku Ketua KORMI kota Ambon periode 2023–2027, Lisa mengatakan dirinya memiliki visi untuk memajukan olahraga rekreasi dan tradisional masyarakat menuju Kota Ambon bugar.

“Olahraga rekreasi ini merupakan hal yang baru bagi kita di Ambon, sehingga bagaimana kita secara bersama dapat memperkenalkan olahraga rekreasi ini kepada masyarakat karena sebenarnya masyarakat sudah sering melakukannya hanya belum ada organisasi yang mewadahi,” kata dia.

Oleh sebab itu, kata Lisa, ada tujuh hal yang menjadi fokus utama dalam kepemimpinannya yaitu meningkatkan pemahaman tentang olahraga rekreasi, membangun dan memelihara fasilitas olahraga rekreasi, ketiga melaksanakan program dan acara komunitas, pembebasan biaya atau subsidi program olahraga.

Selanjutnya, kampanye aktif dan sehat, kemitraan dengan sektor swasta, serta program pelatihan dan sertifikasi.

Kesemuanya itu, kata Lisa dapat melibatkan langsung masyarakat dalam kegiatan olahraga maupun rekreasi sekaligus memperkenalkan pariwisata di Kota Ambon itu sendiri.

"Kita tahu bersama bahwa ada olahraga lari, bersepeda, dan berenang yang bisa kita selenggarakan di Kota Ambon, selain menyehatkan kita juga dapat membangkitkan kembali potensi pariwisata yang ada," kata dia menjelaskan.

Sementara itu KORMI sendiri merupakan lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga (Inorga) rekreasi di Indonesia.

Olahraga rekreasi adalah salah satu jenis olahraga yang diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Dalam UU tersebut, sistem keolahragaan nasional dibagi menjadi olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Atlet olahraga rekreasi sering disebut sebagai pegiat olahraga.

Dalam KORMI sendiri ada beberapa tipe olahraga yang diperlombakan, yaitu olahraga petualangan dan tantangan, olahraga kesehatan dan kebugaran serta olahraga tradisional dan kreasi kebudayaan.*

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024