Radboud University Nijmegen Belanda bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menyepakati kerja sama riset dan pertukaran mahasiswa hingga dosen.

Kerja sama itu disepakati dalam kunjungan Sejarawan Budaya Populer dan Kekerasan Masa di Radboud University Nijmegen Belanda, Prof. Dr. Petter Keppy, dan peneliti senior KITLV dan guru besar Migrasi Maluku dan Budaya dalam Perspektif Komparatif di Vrije Universiteit, Amsterdam, Prof. Dr. Fridus Steijlen, di IAIN Ambon.

“Kunjungan dan pertemuan bersama pimpinan IAIN Ambon ini sangat penting untuk menggagas kerja sama antara IAIN Ambon dengan Radboud University Nijmegen di Belanda,” kata Fridus, di Ambon, Jumat.

Ia berharap, pertemuan ini menjadi awal untuk kerja sama secara formal dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi di tingkat internasional antara kedua kampus.

Baca juga: Akademisi kemukakan Maluku jadi laboratorium perdamaian dunia pascakonflik 1999
 

Apalagi, kata dia, Maluku secara historis, dan IAIN Ambon secara khusus merupakan satu-satunya PTKIN di daerah itu yang mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan, baik di bidang agama, sosial, saintek maupun filsafat.

“Secara khusus, pengembangan studi di IAIN Ambon tentu memiliki hubungan yang dapat digaungkan untuk kerja sama kedua perguruan tinggi, baik di bidang riset dan penelitian, maupun pertukaran dosen atau mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Ambon, Dr. Adam Latuconsina menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kunjungan kedua guru besar ini ke IAIN Ambon.

Kerja sama baik dalam maupun luar negeri, menurut Adam, merupakan salah satu kebutuhan penting yang tengah digagas oleh IAIN Ambon menuju universitas kelas dunia.

“Sehingga dari pertemuan ini, diharapkan dapat segera terealisasi kerja sama sebagaimana harapan kedua profesor tersebut,” katanya.

Baca juga: IAIN Ambon dan IPB University kerja sama bidang kemaritiman

Atas dasar itu, ia melanjutkan, pertemuan kunjungan kedua guru besar itu, segera dilaporkan kepada Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin untuk ditindaklanjuti.

Ia berharap, ini menjadi pertemuan awal yang baik untuk memudahkan kerja sama secara formal dalam mendukung kelancaran pengembangan lembaga baik di bidang akademik, pengajaran dan penelitian maupun bidang kemahasiswaan.

Kunjungan Prof. Dr. Fridus Steijlen, yang tengah menjadi Profesor tamu pada FISIP Unpatti Ambon, dan Prof. Dr. Petter Keppy disambut ramah oleh Wakil Rektor I Dr. Adam Latuconsina, Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Perencanaan dan Keuangan IAIN Ambon, Dr. Ismail Tuanany.

Lalu, Direktur Pascasarjana IAIN Ambon, Prof. Dr. La Jamaa, Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Saidin Ernas dan Wakil Dekan I Fakultas Syariah, Dr. Nasarudin Umar, di ruang kerja Warek I lantai dua Gedung Rektorat IAIN Ambon.


Baca juga: IAIN Ambon resmi terima tiga mahasiswa baru asal Thailand kuliah tiga Prodi

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024