PT Pelindo IV (Persero) Cabang Kota Ternate, Maluku Utara akan menerapkan parkir elektrik untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang akan masuk ke Pelabuhan antar-pulau Bastiong Ternate.

"Selain itu, penggunaan parkir elektrik ini juga bisa mendeteksi kendaraan yang masuk dan memberikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang akan menyeberangi antar-pulau melalui Pelabuhan Bastiong," kata Manager Operasi PT Pelindo Ternate, Irwin di Ternate, Rabu.

Dia menyebut, penarikan karcis parkir saat ini dilakukan secara manual oleh petugas memang tidak bisa mendeteksi kendaraan yang parkir setiap hari.

Sehingga, kebijakan penggunakan parkir elektrik ini dilakukan akibat keterbatasan lahan parkir, sehingga para pengendara yang akan menyeberang biasanya meninggalkan kendaraan ada yang berhari-hari, tentunya ini tidak ada kesempatan bagi kendaraan lainnya untuk parkir.

Oleh karena itu, pihaknya intensif melakukan penataan Pelabuhan Bastiong yang merupakan salah satu Pelabuhan antar-pulau terpadat.

Baca juga: Pelindo Ternate sosialisasi tolak gratifikasi

Sebelumnya, pihak Pelindo benahi pelabuhan Bastiong dengan perpanjang dermaga guna menjaga keamanan penumpang dan pengunjung di area Pelabuhan Bastiong.

Manager PT Pelindo IV (Persero) Cabang Kota Ternate, Anwar Pae mengatakan, dalam pembenahan itu akan disertai dengan penertiban para pedagang di area dermaga, karena sangat mengganggu kenyamanan penumpang.

Apalagi, PT Pelindo akan refeling, termasuk reklamasi pantai untuk diperpanjang 100 meter, untuk bisa mengatasi kapal yang sedang bongkar muat dan juga akan menambahkan kapasitas penumpang.

Sehingga, Pelindo telah memberikan apa yang ditentukan supaya bisa mengembalikan uang Negara sesuai dengan hasil koordinasi dengan pusat bahwa Pelindo akan bangun dermaga beton, agar bisa meningkatkan pelayanan.

Selain itu, dalam membangun pelabuhan sangat membutuhkan biaya yang banyak hingga tarif yang dikenakan itu sudah sesuai dengan aturan Menteri Perhubungan dan kesepakatan Asosiasi beserta pengguna jasa.

Di samping itu, untuk parkiran liar yang berada di pelabuhan Bastiong telah ditertibkan oleh PT Pelindo IV (Persero) Cabang Ternate, karena ada oknum yang melakukan pungutan liar di area tersebut.

Baca juga: Pelindo revitalisasi terminal penumpang Pelabuhan A Yani Ternate

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024